Operator Desa Dibekali Kemampuan Updating Data DTKS – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
12

Aplikasi SIKS-NG merupakan aplikasi manajemen untuk proses perbaikan dan pengusulan baru data Basis Data Terpadu (BDT) yang mana didalamnya juga terdapat modul untuk perbaikan dan pengusulan data Bantuan Sosial Pangan (BSP) non PKH.

Kecamatan Sukomoro melaksanakan Bimbingan Teknis pengoperasian aplikasi  SIGS.NG V2.5.1 kepada Operator Desa, Rabu (14/4/2021). Dengan diberikannya bimtek tersebut, diharapkan operator desa mengetahui alur pengusulan DTKS. DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdaan Sosial serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). DTKS memuat 40% penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial terendah.

Dengan diadakannya bintek, proses updating DTKS dilakukan oleh Operator tingkat desa dan kelurahan.  Alur pengusulan  DTKS nantinya dijadikan dasar penentuan warga miskin penerima manfaat.

Sekcam Sukomoro, Verawati Setyoningrum dalam sambutannya mengharapkan seluruh operator desa dapat mengambil manfaat bimtek tersebut, sehingga apabila ada permintaan updating data DTKS dapat memberikan data terkini dan diterima manfaatnya secara tepat sasaran oleh orang-orang yang membutuhkan.

Penerima manfaat yang Tepat sasaran  mengacu pada  UU no.13 Tahun 2011 Tentang Penanganan Fakir Miskin  yang didalamnya dijelaskan bahwa program pemberdayaan dan bantuan sosial harus mengacu pada data terpadu yang dikelola Kementerian Sosial, yang sekarang disebut DTKS.

“Jika sudah terdaftar di DTKS bisa diusulkan untuk mendapat program bantuan sosial dan pemberdayaan pemerintah pusat maupun daerah”, imbuh Vera. (diskominfo/kontrib.kec.Sukomoro/edt.ay/tos)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here