Methil Tebu Tahun 2023 KTNA ” Mekartani” Bendo dan Launching POC UD. Krishna Mulya – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
16

Methil Tebu Tahun 2023 KTNA ” Mekartani” Bendo dan Launching POC UD. Krishna Mulya

.

Sahabat Prokopim,

Petani tebu KTNA “mengembang Tani” Desa Pingkuk, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, menggelar kenduri sebagai bentuk rasa syukur mereka atas panen tebu tahun ini.

.

Tradisi selamatan atau “methil” sebelum panen tebu musim giling tahun 2023 dan launching pupuk organik likuid ini, digagas oleh Mulyono, Ketua golongan Tani Nelayan Andalan (KTNA) mengembang Tani sekaligus pemilik upaya Dagang (UD) Krishna Mulya.

” Selama dua tahun terakhir petani kesulitan untuk mendapat pupuk, bagus kimia maupun organik. Dua tahun terakhir dengan harga tinggi banyak pupuk yang imitasi bagus kimia maupun organik. Akhirnya kami menggandeng bank Jatim dan samsung untuk melaksanakan penemuan POC ini, “terangnya.

.

Methil Tebu kali ini dibuka secara formal oleh Bupati Magetan Suprawoto. Dalam sambutannya Bupati Suprawoto menyampaikan, kegiatan ini bentuk syukur kepada Tuhan dan memberikan penemuan di bidang pertanian.

” Methil tebu dan launching POC UD. Khrisna Mulya ini merupakan sebuah penemuan yang bagus. Methil tebu itu tradisi nenek moyang kita, tradisi orang Jawa, bahwa segala sesuatu yang memberikan manfaat kepada kita sebagai orang harus disyukuri, agar selalu mendapatkan limpahan panen, ” terang Bupati Suprawoto.

.

Bupati juga mengatakan, dengan adanya penyimpanan pupuk organik likuid ini dapat mengisi ruang kosong dan mengembalikan kesuburan tanah.

” Dengan membikin penyimpanan pupuk organik likuid ini, istilah bahasa ekonominya sebagai barang substitusi, menggantikan pupuk kimia yang ketika ini sangat sulit. Sehingga dapat mengisi ruang kosong, dan menjadikan lahan tanah subur kembali,” lanjutnya.

.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan tausiah dalam rangka halalbihalal di bulan Syawal 1444 H oleh Gus Tofa dari Madiun. Dilanjutkan dengan methil tebu dan launching pupuk organik likuid (POC) yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Magetan, didampingi Wakil Bupati Magetan.

.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Magetan, Wakil Bupati Magetan, personil DPRD Magetan, Kepala Dinas TPHPKP, Forkopimca Bendo, dan undangan lainnya, bertempat di Desa Pingkuk, Kecamatan Bendo, Rabu (10/05/2023).

Repost: @prokopimmagetan

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here