Mengenal Wonomulyo, Dusun dengan banyak potensi wisata di Magetan – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
50

Kabupaten Magetan menyimpan keindahan alam yang banyak, khususnya di Magetan bagian barat. Sudah banyak yang tahu, Magetan memiliki obyek wisata di sekitar Desa Sarangan yang banyak dikunjungi wisatawan. Sebut saja Telaga Sarangan, Telaga Wahyu, Cemorosewu, Mojosemi Forest Park, Air Terjun Pundak Kiwo, Mbah Djoe Resort, dan masih banyak lagi tempat wisata yang indah di daerah ini.

Namun perlu diketahui ada satu lagi wilayah di Magetan yang  memiliki potensi wisata yang unik yang tidak kalah menarik. Wilayah itu adalah Desa Genilangit, Kecamatan Poncol. Melalui Taman Wisata Genilangit, saat ini Desa Wisata Genilangit menjadi salah satu dari tujuh Finalis Desa Wisata Berbasis Alam pada Desa Wisata Awards yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama BCA. 

Tak berhenti di Taman Wisata Genilangit, wilayah pegunungan sebelah barat daya Magetan ini masih memiliki Dusun Wonomulyo. Dusun ini terletak di kawasan peranakan Hunung Lawu bagian selatan, dengan ketinggian 1300 Mdpl. Dengan suhu udara berkisar 16-23 derajat celcius. Lokasi yang sangat indah yang di apit oleh pegunungan sisi selatan lereng lawu yang membuat  Wonomulyo memiliki landscape dan view pemandangan yang sangat menarik.

Sebelumnya dusun Wonomulyo ini lebih dikenal dengan nama “Djeblok” karena sebagian tanahnya jika terkena hujan akan jadi lengket dan menempel pada alas kaki saat diinjak. Menurut warga sekitar, babat dusun ini pertama yang menghuni adalah Kihajar Wonokoso Beliau merupakan orang yang pertama kali membabat hutan dan tinggal disana, yang sekarang ini dinamakan dusun Wonomulyo (Wono : hutan dan Mulyo : makmur). Makam Kihajar Wonokoso masih terjaga dengan baik sampai saat ini.

Wonomulyo hanyalah sebuah dusun kecil.  Namun soal keindahan alamnya jangan di diragukan lagi. Karena saat anda berkunjung ke tempat ini, anda akan di suguhi dengan pemandangan lembah dan bukit serta kabut yang indah. Dari salah satu bukit di Wonomulyo, Bukit Sekudi, anda bisa melihat rumah warga yang terlihat indah bak perkampungan di negara Nepal. Sampai-sampai warganet menyebut wonomulyo sebagai “Nepal Van Java”.

Selain Highland Wonomulyo, masih terdapat potensi wisata di Wonomulyo.  Kepala Desa Genilangit Pardi menuturkan bahwa melalui BUMDes, Wonomulyo akan mengembangkan obyek wisata air terjun tirtosari, serta tiga bukit pendakian yakni Bukit Pendawa, Bukit Mongkrang dan Bukit Jobolarangan.

Bukit-bukit tersebut saat ini menjadi destinasi penghobi motor trail untuk menguji nyali dan ketrampilannya melibas rute pegunungan. Menurut Barno, salah satu pengelola wisata di Wonomulyo, tak hanya club trail Dari Magetan saja bahkan dari luar kota. “Beberapa Minggu yang lalu, club trail dari Lombok yang kesini”, tambahnya saat diwawancarai di Wonomulyo (11/6).(diskominfo/pb.ryz/dok.cup/tos)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here