Mengenal Lebih Jauh Perawatan Paliatif

0
60

Ketika seseorang yang dicintai dalam keadaan sakit parah, bukan keinginan kita untuk melihatnya menderita lanjut-menerus. tetapi, kenyataannya, penyakit yang tak dapat diatasi seringkali memaksa kita untuk menghadapi kehilangan seseorang yang berarti bagi kita. Bagaimanapun juga, setiap orang niscaya akan menghadapi tahapan kehilangan dalam hidupnya. tetapi, tahapan ini dapat kita hadapi dengan berbagai langkah, dan salah satu langkah bijak untuk menghadapi kehilangan adalah dengan mengenal lebih jauh tentang perawatan paliatif.

Perawatan paliatif menawarkan solusi bagi seseorang yang menderita penyakit parah dan memerlukan dukungan medis yang dapat meredakan rasa sakit mereka. Ini melibatkan tim dokter, perawat, pekerja sosial, dan ahli kesehatan lainnya yang bekerja berbarengan untuk memastikan bahwa pasien merasa terjamin dan dihormati. Juga, krusial untuk diingat bahwa perawatan paliatif bukan hanya untuk pasien, tetapi juga untuk keluarga yang merawat mereka.

Perawatan paliatif mengutamakan kualitas hidup dan bukan hanya memperpanjang hidup. Oleh karena itu, dokter akan memilih kombinasi pengobatan yang tepat untuk meredakan rasa sakit dan memungkinkan pasien merasa nyaman. Setiap pasien mempunyai masalah yang berbeda dan, oleh karena itu, perlakuan dapat berbeda-beda pada setiap individu. Meskipun perawatan paliatif dapat membantu mengurangi rasa sakit, itu tidak dapat menyembuhkan penyakit. tetapi, hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup yang dirasakan oleh pasien dan membikin mereka lebih nyaman selama hidup mereka terbatas.

Perawatan paliatif juga menjadi solusi bagi pasien yang tidak mau menerima perawatan ini karena mereka merasa biayanya terlalu tinggi atau karena mereka tidak mau menjadi beban pada orang yang merawat mereka. tetapi, sebenarnya perawatan paliatif dapat sangat terjangkau dan bahkan selama beberapa tahun terakhir telah menjadi sangat terjangkau. Selain itu, banyak dokter dan fasilitas kesehatan lainnya yang menyediakan perawatan paliatif di seluruh dunia.

Selama perawatan paliatif, pasien mungkin tetap memerlukan perawatan medis yang lanjut menerus. Dalam kasus ini, dokter dapat merujuk pasien untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang sesuai. Selain itu, pasien juga akan diberikan petuah medis yang tidak hanya seputar kondisi kesehatan mereka, tetapi juga tentang langkah menghadapi kecemasan, emosi, dan perasaan kesepian yang dapat terjadi selama kehilangan.

Yang perlu diingat bahwa perawatan paliatif bukanlah kehilangan harapan. Pasien tetap memegang kendali atas hidup mereka dan dapat membikin keputusan sendiri tentang langkah menghadapi kondisi mereka. Perawatan paliatif juga dapat memberi kesempatan bagi pasien dan keluarga mereka untuk berbicara tentang perasaan mereka selama masa sulit ini, yang dapat membantu menyadarkan keluarga bahwa mereka bukanlah sendirian dalam menghadapi tahapan kehilangan.

Jadi, ketika kita menghadapi tahapan kehilangan, tidak perlu merasa putus asa. Ada opsi untuk merawat orang yang kita cintai dengan santai dan memastikan mereka merasa nyaman selama hidup terbatas mereka. Pilihlah perawatan paliatif yang bijaksana untuk memastikan orang yang kita cintai merasa nyaman dan merasa dihargai, ketika kita dapat memastikan bahwa ketika menghadapi kehilangan dapat dilakukan dengan bagus dan bijak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here