Memerangi Polusi Air: Upaya Perlu Ditingkatkan untuk Kesehatan Dan Kehidupan Lingkungan

0
74
Polusi air

Polusi air telah menjadi masalah dunia yang mengkhawatirkan. Hanya dalam beberapa dekade terakhir, permasalahan ini menjadi lebih kompleks dan keberadaannya semakin sulit diatasi. Pencemaran air bukanlah sesuatu yang dapat dipandang sebelah mata, bukan hanya karena dampaknya yang merugikan kesehatan lingkungan tetapi juga kesehatan orang. Oleh karena itu, upaya dalam memerangi polusi air perlu lanjut ditingkatkan.

Polusi air terjadi ketika limbah atau bahan kimia lain dibuang langsung ke dalam sumber air tanpa melalui pengolahan terlebih dahulu. Pabrik, rumah tangga, dan ladang pertanian biasanya menjadi sumber primer polusi air. Banyak jenis polutan yang dihasilkan oleh aktivitas orang dan kebanyakan bernilai rendah tanpa pertimbangan dampaknya di kemudian hari seperti residu zat kimia, pestisida, dan logam berbahaya. Polutan-polutan ini kemudian dapat menyebar ke dalam air tanah dan sumur-sumur yang kita gunakan sehari-hari.

dampak dari polusi air tidak dapat diragukan lagi, dapat merusak ekosistem dan menjadi ancaman bagi kesehatan orang. Akumulasi zat-zat kimia dalam sumber air dapat merusak lapisan tanah dan tanaman sehingga pembusukan dan perkembangan tanaman menjadi tidak optimal. Dalam ekosistem, ikan dan makhluk hidup air lainnya juga terkena akibat yang merugikan seperti ketergantungan terhadap oksigen yang berkurang, stres pada sistem pernapasan dan sulit untuk bertahan hidup.

Kesehatan orang juga dapat dipengaruhi oleh polusi air. Zat kimia seperti logam berat dan pestisida dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti kelainan sistem saraf dan menyebabkan kanker. Logam berat seperti timbal dan arsenik dapat menyebabkan kerusakan sel dan organ tubuh. Bahkan, sangat sulit untuk menganalisis data tentang jumlah orang yang sakit atau wafat karena polusi air.

Sayangnya, peningkatan populasi dan perkembangan ekonomi membikin masalah ini menjadi semakin kompleks. Perkembangan ekonomi serta bergantungnya masyarakat pada alat-alat yang membutuhkan sumber daya air yang besar seperti pertanian, industri dan bangunan seolah-olah membikin solusi sulit ditemukan. Upaya penanganan polusi air dapat dilakukan dengan langkah menerapkan penanggulangan secara berbarengan antara pemerintah, organisasi lingkungan hidup dan masyarakat.

ketika ini, banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan organisasi lingkungan hidup untuk memerangi polusi air. Pemerintah memberikan aturan-aturan yang menetapkan baku mutu lingkungan yang semestinya diikuti bagus oleh industri maupun masyarakat pada umumnya. Beberapa peraturan pemerintah juga mengatur tentang hukuman bagi pelanggar dan hukuman yang lebih tegas.

Organisasi lingkungan hidup juga lanjut berupaya dalam menyuarakan masalah kesehatan lingkungan dan memberikan solusi yang lebih bagus. Masyarakat juga perlu turut andil dengan mengikuti program pengolahan sampah dan limbah yang konsisten dan mendukung pengolahan limbah yang lebih bagus dan ramah lingkungan.

Semakin banyak orang yang terlibat dalam memerangi polusi air maka semakin besar kemungkinan untuk mengurangi akibat negatifnya. Tidaklah mudah untuk mengambil langkah-langkah untuk memerangi polusi air, tetapi mereka yang memahami pentingnya kesehatan dan lingkungan hidup harus mendukung upaya-upaya tersebut. kalau tidak, kita dapat menghadapi akibat kesehatan dan lingkungan yang tidak diinginkan. Kita haruslah lanjut menerus mengingat peran masing-masing yang mempengaruhi lingkungan kita dan berbarengan-sama mempertahankan kualitas air yang sehat dan tepat dimanfaatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here