Masjid Ini Menyimpan Al-Quran Dan Kitab antik Tulisan Tangan – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
125

Masjid Ini Menyimpan Al-Quran Dan Kitab antik Tulisan Tangan

Malam 17 Ramadhan diperingati dengan malam Nuzulul Quran (turunnya Al-Quran). tetapi tahukah anda, bahwa di Kabupaten Magetan, ada Kitab Suci al-Quran yang tetap ditulis tangan.
Iya, al-Quran itu ada di Masjid antik At-Taqwa, Desa Tamanarum Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Selain memandang arsitektur antik masjid yang dibangun pada tahun 1840 M, di dalam masjid juga terdapat puluhan kitab antik.
“Ada kitab suci Al-Quran, ada juga kitab-kitab yang menerangkan ilmu Fiqih, dan tauhid. Semuanya tetap ditulis menggunakan tangan,” kata Ahmadi, Imam Masjid antik At-Taqwa, Jumat (07/04/2023)

Ahmadi, menjelaskan, awalnya kitabnya cukup banyak. tetapi karena masa itu kurang perawatan sehingga banyak yang rusak.
kitab- kitab tersebut, diyakini digunakan oleh Imam Nawawi, pendiri Masjid, dalam mengajari para santrinya kala itu. “Karena mbah Imam Nawawi, selain membangun masjid juga mendirikan pondok pesantren, ya ini kitab-kitab yang digunakan untuk mengajar kala itu,” tambahnya.

ketika ini, kitab- kitab tersebut sudah dibungkus rapi oleh Perpustakaan Nasional. Sehingga lebih mudah merawat salah satu peninggalan sejarah penyebaran religi Islam di tanah Magetan tersebut.(Diskominfo / kontrib.rmz / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here