#makincakapdigital Melalui Musik – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
16

Di dunia maya

Kita semua punya cerita

Di dunia maya

Kita semua bisa berkarya

Selama dunia masih berputar

Selama hati masih berdebar

Semakin cakap kita

Beri yang terbaik tuk dunia

Itulah sepenggal lagu “Cerita Dunia Maya” karya grup band HIVI! yang berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. Terobosan kolaborasi ini dimaksud untuk meningkatkan edukasi literasi digital, khususnya bagi generasi Z di Indonesia.

Dilansir dari aptika.kominfo.go.id, sampai September 2021 pengguna internet di Indonesia meningkat 11% dari tahun sebelumnya, yaitu menjadi 202,6 juta pengguna. Peningkatan tersebut perlu diimbangi pemahaman beraktivitas di ruang digital yang baik, terutama untuk generasi Z.

“Namun, teknologi digital dan internet juga berdampak negatif jika digunakan untuk menyebarkan hoax, cyber-bullying, radikalisme, bahkan terorisme. Oleh karena itu, penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai literasi digital, sehingga mereka, khususnya generasi muda, semakin bijak menggunakan internet,” ujar Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kemenkominfo.

Untuk itu lah, Kominfo bersama GNLD melakukan gerakan #makincakapdigital melalui kampanye yang kreatif untuk menyebarkan pesan positif mengenai literasi digital. Serta, mendorong generasi muda untuk bijak menggunakan internet.

Lirik dalam lagu ini mengajak masyarakat agar mengoptimalkan internet untuk hal-hal yang produktif, percaya diri, khususnya dalam mengekspresikan versi terbaik dari diri mereka sendiri, serta bijak menyaring negativity di dunia maya.

#SobatKom penasaran sama lagunya? Yuk dengerin aja.

(Diskominfo / pub. Fik / dok. Siberkreasi.id / fa2)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here