Magetan Bersiap Untuk Idul Adha, Vaksinasi Hewan Ternak Berlanjut – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
118

Magetan Bersiap Untuk Idul Adha, Vaksinasi Hewan Ternak Berlanjut

Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha yang akan berlangsung pertengahan bulan ini, Kabupaten Magetan telah memulai persiapan dengan meningkatkan kesiapan hewan kurban. Di tengah pemulihan dari pandemi COVID-19 dan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),  Pemkab Magetan melalui Dinas Peternakan dan Perikanan mengambil langkah proaktif untuk memastikan kesehatan hewan ternak.

Budi Nur Rochman, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnakan, menyatakan bahwa telah dilakukan vaksinasi hewan ternak dan pemeriksaan untuk PMK serta Lumpy Skin Disease (LSD).

“Kami telah melakukan vaksinasi secara terus-menerus dan akan berhenti seminggu sebelum Idul Adha untuk fokus pada pemeriksaan hewan kurban,” ujar Budi, Senin (3/6/2024).

Meskipun ada hewan ternak yang belum divaksin, Budi Nur menegaskan bahwa ini tidak menghalangi hewan tersebut untuk dijadikan kurban, asalkan mereka sehat, sesuai dengan syariat Islam.

Hingga saat ini, Disnakan Magetan telah mendistribusikan 80 ribu dosis vaksin dan berencana melanjutkan dengan 250 ribu dosis setelah perayaan Idul Adha. Target tahun ini adalah untuk memvaksinasi semua hewan ternak, termasuk kambing, domba, sapi, dan babi, untuk memastikan kesehatan dan keselamatan masyarakat serta hewan-hewan tersebut. (Diskominfo / kontrib.dr / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here