Magetan Akan Punya Ekowisata Hutan Bambu – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
8

Magetan Akan Punya Ekowisata Hutan Bambu

Selain mampu menjaga ekosistem air, ternyata tanaman bambu juga memiliki manfaat lain, yakni mnyetabilkan kondisi tanah. Hal itu disebabkan, karena sistem perakaran tanaman bambu yang sangat rapat.

Bicara perihal bambu, di Magetan akan ada rencana pembangunan ekoeduwisata Hutan Bambu. Ada beberapa jenis bambu yang nantinya menjadi referensi untuk ditanami di bakal calon Hutan Bambu Magetan.

Adapu beberapa referensi tersebut di antaranya adalah bambu yang masuk dalam marga bambusa, dendrocalamus,gigantochioa, dan jenis bambu dengan marga schizostachyum.

Dengan adanya rencana pembangunan ekoeduwisata Hutan Bambu Bupati Suprawoto berharap, ke depannya Hutan Wisata ini tidak hanya menjadi tempat wisata saja. Tetapi juga, sebagai sarana edukasi masyarakat mengenai jenis-jenis bambu yang ada di Indonesia.

Pemicu utama terciptanya bakal calon tempat wisata baru ini adalah adanya keinginan untuk memperbaiki ekosistem yang rusak oleh karena ulah manusia. Dengan menanam bambu, dan menjadikan Hutan Bambu sebagai sarana wisata dan edukasi, diharapkan masyarakat akan dapat menghargai alam.

Bukan hanya itu, Rencana pembangunan Hutan Bambu ini juga merupakan gebrakan untuk memberikan alternatif tempat wisata lain di Magetan.

“Sehingga nanti orang yang akan berkunjung ke Magetan memiliki alteenagif ke sana dulu (hutan bambu) lalu ke Sarangan, atau sebaliknya,” Pernyataan Bupati Magetan saat audiensi terkait dengan pembangunan.

Rencana ini disampaikan langsung oleh Bupati Magetan saat menghadiri rapat tindak lanjut rencana pembangunan ekoeduwisata hutan bambu di ruang rapat Pendopo Surya Graha, Selasa (10/05/2022). Bambu dipilih karena merupakan ikon dari Kabupaten Magetan.

Rapat kali ini merupakan lanjutan dari pembahasan mengenai rencana didirikannhya bakal calon wisata baru yang dapat menarik wisatawan datang ke Magetan. Wisata hutan kota atau hutan bambu rencananya akan dibangun di Kelurahan Tinap, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan. Lokasi ini berdekatan dengan Kolam Renang Banyu Biru Magetan.(Diskominfo:rism/fa2/IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here