Launching Bumdes dan launching Toko Pertanian Kembang Jaya Desa Kembangan Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan

0
389

Dalam launching Bumdes dan toko Kembang Jaya tersebut dihadiri Bupati Magetan, Camat Sukomoro, perwakilan dari PMD, Forkopimca, Ketua Bumdes Kembangan dan masyarakat setempat. Acara diselenggarakan di Kantor Desa Kembangan, Sabtu (27/3/2021).

Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan, bagaimana perekonomian di Desa Kembangan ini bisa berkembang, kalau bisa uang di desa ini berputar di Kembangan saja, tambahnya.  Malah seharusnya uang dari luar desa dapat masuk ke desa Kembangan. Oleh sebab itu harus ada upaya dari kita pemerintah dan masyarakat saling bekerja sama. Toko modern aka mematikan toko tradisional yang ada disekitar masyarakat, jelas Suprawoto.

Jadi saya (Suprawoto) tidak memberikan rekomendasi untuk pembangunannya. Maka dari itu pasar tadisional biar bisa berkembang. Sehingga kami yang ada di kabupaten membuat kebijakan memberi ruang untuk masyarakat berusaha.

Suprawoto menghimbau masyarakat Kembangan kalau beli kebutuhan tani di bumdes saja biar berkembang dan jangan ditawar. Untuk masalah harga minimal sama dengan toko yang lain sehingga masyarakat bisa membeli disini apa lagi orang dari luar bisa membeli disini juga. Kalau semua desa punya usaha seperti ini keuntungannya juga untuk masyarakatnya. Sehingga kita semua bisa memberikan kebaiakn di Magetan. Semoga toko Kembang Jaya ini bisa berkembang pesat agar masyarkat dapat segera terpenuhi kebutuhannya tidak harus keluar dari Desa Kembangan.

Ketua Bumdes Kholiq Rifai mengatakan bumdes ini dimulai dari bulan Desember 2020, di SK oleh Kepala Desa yang akan berakhir Desember 2023. Program pertama kami yaitu  membentuk program kerja yang telah kami susun san laporkan kepada kepala Desa Kembangan dan hari ini kita launching toko pertanian “Kembang Jaya”. Di Kembangan ini bahwa 85% penduduknya kebanyakan merupakan petani, maka dari itu kami membuat toko ini agar seluruh kebutuhan pertanian khsusnya di Kembangan tercukupi.

Berkaitan denga pembayaran BPOB, bahwasannya untuk membayar listrik dan air PDAM sudah bisa dilakukan di toko Bumdes tersebut. Harapan kedepan kami, akan ada pendampingan bumdes sehingga dapat meningkatkan PAD dan menyejahterakan masyarakat. Semoga ada program-program dari pemerintah dan dinas terkait yang berkaitan dengan bumdes dan itu mengikut sertakan bumdes didalamnya. Kami butuh suport, saran dan kritik yang berbentuk membangun untuk kemajuan bumdes kedepan.

Yani Maryadi Kepala Desa Kembangan menyampaikan, saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Magetan dan jajaran yang telah berupaya keras untuk mengembangkan usaha yang digali dari potensi masyarakat Desa Kembangan. “Saya mengharapkan kedepan bisa menumbuh kembangkan perekonimian di desa kita Kembangan sehingga seluruh perekonimian berpusat di Bumdes”. Suport dari masyarakat, lembaga dll agar bisa mendukung kegiatan bumdes sangat kami harapakan, dan dari pemerintah untuk mengawal bumdes desa Kembangan sehingga bisa maju dengan pesart bumdes kami, imbuhnya.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here