Lampah Hastungkara Bumi Mageti, Warnai Gelaran Tosan Aji ke-3 – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
576

Lampah Hastungkara Bumi Mageti, Warnai Gelaran Tosan Aji ke-3

Sahabat Prokopim,
Sebagai bentuk kelanjutan dalam mewarisi dan melestarikan Tosan Aji sebagai warisan budaya Nusantara, Paguyuban Sejarah Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif ( PEKATIK) Magetan berbarengan komunitas seni budaya di Magetan menggelar rangkaian acara yang bertajuk “Pameran Tosan Aji ke 3“ dengan tema, “Joyo Jayaning Nusantoro ” yang telah dibuka pada siang hari ini.
.
tetap dalam serangkaian acara Tosan Aji, digelar acara Lampah Hastungkara Bumi Mageti bertempat di Gedung Tripandita, Jumat malam (28/07 /2023).
.
Lampah Hastungkara Bumi Mageti, merupakan kegiatan bentuk syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa atas segala kenikmatan, serta mawas diri dan berdoa semoga di tahun mendatang senantiasa diberikan situasi dan kondisi yang lebih bagus.
.
Kegiatan diawali dengan Pengukuhan Abdi Projo Jogjakarta di Magetan, Pengukuhan Abdi Projo Surakarta di Magetan, dan Pengukuhan MC Magetan oleh Bupati Magetan Suprawoto. Acara dilanjutkan dengan penyerahan pusaka kepada laskar pemandu pusaka dan Lampah Hastungkoro Bumi Mageti, dengan berjalan laku bisu di beberapa ruas jalan kota.
.
Kirab Lampah Hastungkara Bumi Mageti diakhiri di Gedung Tripandita yang dilanjutkan dengan Jamasan Pusaka oleh Bopo Sutrisno. Selesai jamasan dilanjutkan sidikoro (menyelaraskan) pusaka dengan melaksanakan doa berbarengan seluruh peserta dan masyarakat yang hadir, kemudian membagikan berkah rahayu yang berupa sego golong kepada seluruh peserta. Acara diakhiri dengan mengembalikan pusaka Mageti ke gedung pusaka.
.
Bupati Suprawoto menyampaikan kegiatan ini untuk melestarikan sekaligus memelihara budaya Jawa.

” Inilah bentuk pengabdian dan aktualisasi kita ketika kita ditakdirkan menjadi orang jawa. Nguri-uri budaya Jawi. Jangan sampai kehilangan jati diri sebagai orang Jawa. Seni tradisi jangan sampai tercabut dari akarnya,” terangnya.

(Prokopim/edh/

Repost : @prokopimmagetan

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here