Lakukan Siaran Serentak, Eksistensi Radio di Era Digital dan Masa Pandemi

0
42

Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia mempersembahkan siaran serentak berjejaring LPPL Indonesia. Acara yang dilangsungkan pada Radio Kabupaten Pasuruan yaitu I Love Pas TV disiarkan secara langsung dari streaming youtube dan radio di seluruh Indonesia pada Jum’at 4 Juni 2021.
.
Mengusung tema Eksistensi LPPL Indonesia di Era Digital dan Masa Pandemi, acara tersebut memiliki 3 narasumber. Diantaranya Saiful Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul selaku Ketua Umum dari Persada dan Walikota Pasuruan, Deri Asta selaku Dewan Pembina dan Walikota Sawahlunto, serta Suprawoto selaku Pembina dan Bupati Magetan.
.
Keberadaan media radio di tengah era digital memiliki banyak tantangan. Dituntut untuk memberikan informasi secara cepat dan akurat, Gus Ipul menilai LPPL masih memiliki banyak permasalahan yang harus segera dituntaskan, baik secara teknis maupun non teknis. Kolaborasi dan bekerja sama, diperlukan dalam pemecahan masalah dan harapannya agar bisa segera memberikan informasi yang dibutuhkan publik saat ini.
.
Setiap media memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, LPPL sebagai radio lokal publik memiliki keunggulan memiliki fleksibilitas yang tinggi. “Radio itu unik, bisa didengarkan dimana saja dan kapan saja” ungkap Suprawoto. Menanggapi masalah yang masih belum terselesaikan, beliau menyarankan agar dilakukan pertukaran informasi sebagai media pembelajaran oleh antar daerah.
.
Sementara itu Deri Asta menyampaikan radio sebagai media informasi yang cepat, bermanfaat untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait program yang dilaksanakan oleh pemerintah. “Manfaatkan lembaga pemberitaan ini dengan baik, marilah kita bersama-sama membangun daerah dengan cepat”, pungkasnya.
.
Di akhir acara juga dilakukan sesi tanya jawab kepada para narasumber.
(Prokopim/pi/KD1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here