Kripik Temulalap, langkah penduduk Sumur Songo Ngajak Sehat penduduk – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
32

Kripik Temulalap, langkah penduduk Sumur Songo Ngajak Sehat penduduk.

Khasiat Temulawak sebagai salah satu empon empon yang dijadikan minuman yang menyehatkan tidak perlu diragukan lagi. Adalah penduduk Sumur Songo mempunyai kebiasaan aneh dengan membikin botok temulalap untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. ” Kebiasaan penduduk disini membikin botok temulawak. Temulawak itu di potong potong dicampur bumbu kemudian dapat dicampur tempe atau daun pepaya. Temu lawak ini untuk menjaga stamina agar tidak masuk angin, kembung, memperlancar pencernaan, mencegah bau mulut dan menjaga stamina tubuh,” ujar Indah Yuli sekretaris Desa Sumursongo di stand desanya ketika mengikuti UMKM Kepang Siemak di Lapangan Kecamatan Karas.

memandang potensi temulawak yang ada di desanya dan kebiasaan penduduk terkait kesadaran akan menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi temulawak membikin Indah Yuli mengembangkan temulawak ini menjadi keripik Temulalap. ” Idenya adalah bagaimana kebiasaan ini menjadi lebih mudah dan dapat menjangkau masyarakat luas untuk menjaga kesehatan mereka dengan langkah mudah,” imbuhnya.

Untuk satu kemasan isi 700 gram produk Temulalap dijual dengan harga hanya Rp 8.000. Selain dijual di outlet di sekeliling Desa Sumursongo, Indah Yuli juga memasarkan melalui media sosial. ” kita harapkan produk kripik Temulalap dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan menjadi produk unggulan di Desa Sumursongo.

Selain Kripik Temulalap Desa Sumursongo juga mengembangkan produk UMKM lainnya seperti keripik pepaya, mangga kering, rujak manisan mangga, susu puding dan sejumlah masakan dari UMKM.(Diskominfo / kontrib.skc / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here