KIPRAH NYATA KABUPATEN MAGETAN DALAM FESTIVAL LIKE DI JAKARTA – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
72

KIPRAH NYATA KABUPATEN MAGETAN DALAM FESTIVAL LIKE DI JAKARTA

Sahabat Prokopim,

Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Lingkungan Hidup berkesempatan mengikuti festival bertema lingkungan dan iklim. Festival LIKE ( Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan daya Baru Terbarukan ) bertempat di Indonesia Arena, Kawasan GBK, Jakarta, pada 16 s.d. 18 September 2023 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Bupati Magetan Suprawoto dalam lembaga Talk Show Festival LIKE memaparkan, aktualisasi kerja serta langkah-langkah korektif kebijakan, serta implementasinya di sektor kehutanan dan lingkungan hidup yang telah dilakukan di Kabupaten Magetan.

Lebih lanjut Bupati Suprawoto paparkan, Kabupaten Magetan telah mengambil kebijakan, moratorium tambang galian, reboisasi yang melibatkan TNI, POLRI, masyarakat, pelajar dan golongan pecinta alam, pencanangan Gerakan Magetan Menanam, Desa / Kelurahan Menanam, Sekolah Menanam, penanaman dan pemeliharaan hutan kota sebagai salah satu upaya penambahan RTH, penanaman pohon disepanjang jalur wisata dan jalur hijau, penanaman diarea penangkapan air ( Embung ) dan membikin kebun raya bambu seluas 18,5 Ha sebagai upaya serius Kabupaten Magetan dalam pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) melalui konservasi bambu.

Beliau menambahkan, dalam kepemimpinannya juga membikin kebijakan terhadap ASN ketika diangkat dan kenaikan pangkat wajib menanam pohon, kekasih suami istri yang akan menikah juga diwajibkan menanam pohon yang tertuang dalam Peraturan Bupati, perguruan pencak silat dalam kenaikan tingkat ditandai menanam pohon.

Dalam sesi tanya jawab Bupati Suprawoto memberikan motivasi melalui statementnya, birokrasi harus kreatif, bisa mengisi ruang kosong dengan melakukan hal yang belum pernah dilakukan oleh daerah lain,

“duit boleh mini tapi otak tidak boleh mini,” pungkasnya.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan dalam stan pamerannya menampilkan hasil bibit bambu melalui kultur jaringan, produk kerajinan bambu. Dan batik motif bambu.

Festival ini merupakan rangkaian Road to COP 28 UNFCCC, yang akan dilangsungkan di Dubai, Uni Emirat Arab, akhir November 2023.

Talkshow dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, perwakilan kabupaten/ kota di Indonesia. Adapun narasumber Bupati Magetan, Sekretaris PPKL Kementerian LHK, Wakil Walikota Pontianak dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Surabaya. (Prokopim/gtm/ahm/KD1).

Repost: @prokopimmagetan

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here