Kecanduan Game Bagian dari Ganguan Mental – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
59

Special Content : Bijak Main Game Online

#SobatKom

Saat ini Industri game online mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dalam beberpa tahun terakhir , penggemarnyapun  banyak dari  kalangan anak muda. Nilai industri game online digadang-gadang mampu melebihi nilai industri televisi.

.

Dampaknya banyak anak-anak muda yang mengalami kecanduan game online, tidak berhenti sampai disitu game online juga berdampak pada kondisi fisik dan psikis anak muda.Sasaran utama game online adalah anak-anak muda, kecanduan game online dapat membuat pemainnya bertindak impulsif dengan emosi yang tidak stabil, penurunan focus saat mengerjakan sesuatu hal dan kesemuanya akan berdampak pada prestasi dan produktivitas anak muda hingga paling parah adalah anti sosial.

.

Taukah kalian bahwa Organiasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan kecanduan game online sebagai salah satu jenis penyakit gangguan mental (mental disorder). Lalu munculnya sindrom quervain yakni kelainan yang disebabkan peradangan tendon  yang menyebabkan ibu jari hingga pergelangan tangan terasa sakit oleh aktivitas yang berfokus pada gerakan tangan berulang, salah satunya bermain video game.

.

Dengan pembatasan main game online hanya pada jam-jam tertentu saja dan mainkan dengan durasi yang cukup, menurut psikolog dan tech enthusiast Olaffiqih Wibowo batasan anak main game disarankan Olaff selama 45 menit – 3 jam dengan penjelasan agar tidak membebani otak untuk fokus pada suatu hal yang sama.

.

Pemerintah pusat kini sedang menyiapkan strategi penanganan kecanduan game online dengan menggodok beberapa kebijakan untuk mencegah kecanduan game. Salah satunya upaya pemberian rating pembatasan umur pada game yang ada.

.

Disisi lain industry game online memang menyumbangkan angka  perkonomian, dimana terdapat game online yang dapat menghasilkan uang langsung ke rekening bank pribadi pemain tanpa modal dengan cara menginstal aplikasi dari smartphone android dan dimainkan secara online setiap saat. Seiring dengan perkembangan dunia eSport para developer telah menciptakan berbagai macam game dengan genre yang berbeda-beda untuk menarik para pecinta game.

.

Maka meraup banyak rupiah dengan hanya bermain game online memang bukan omong kosong belaka dijaman yang serba internet saat ini, seolah bekerja tanpa harus dengan cara konvensional.

.

Namun bijak dalam bermain game online adalah hal yang utama ya #sobatKom, ketahui bahwa dampak bermain game online secara berlebihan  diantaranya gangguan kesehatan dengan penurunan fungsi otak dimana akan sulit berkonsentrasi karena paparan radiasi eletromagnetik ,gangguan penglihatan yakni menyebabkan mata minus, hingga potensi obesitas. Bermain game juga menurunkan minat baca bagi generasi muda.(Diskominfo/pb.ay/doc.ryz/ikp1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here