Kambing Perah Mendo Farm Hasilkan Susu Berkwalitas – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
53

Kambing Perah Mendo Farm Hasilkan Susu Berkwalitas.

#sobatkom

Magetan ternyata memiliki peternakan kambing perah yang menghasilkan susu kambing terbaik. Salah satunya usaha Didik, yang mengelola peternakan kambing perah “Mendo Farm” di Dukuh Gandu, Desa Gandu Kecamatan Karangrejo. Didik mengembangkan lima jenis kambing perah dengan jumlah 300 ekor yaitu Jawa Randu, Senduro, Sapera, Boer dan Sanen. Salah satu kambing unggulannya adalah “Sapera”. Didik membawa Mendo Farm berkembang dan berharap dapat dikenal masyarakat luas khususnya di Kabupaten Magetan.

Salah satu pengelola Mendo Farm Deni Ariadi saat ditemui, Rabu (19/5), menyampaikan, kambing yang dapat di perah yaitu setelah melahirkan dan  biasanya berumur satu tahun lebih. Selama proses pemerahan dalam satu hari bisa menghasilkan rata-rata 10 s.d 15 liter dengan durasi pemerasan lima menit untuk satu kambing. Untuk jam perahnya susu kambing ini dilakukan 2 kali sehari, di pagi hari dan sore hari pada jam tujuh pagi dan tiga sore. “Dalam perawatannya ini dilakukan secara mandiri, sedangkan kotoran kambing ini dibuat pupuk atau kalau ada orang yang ingin beli kita juga layani untuk penjualan”, tambah Deni.

Deni juga mengatakan, untuk pemasaran masih dari mulut ke mulut, namun sudah menjangkau keluar kota misal Surabaya, Blitar hingga Mojokerto dan Pacitan, tetapi dari Madiun dan Ponorogo juga banyak yang pesan. Sedang harga satu kantong plastik berisi satu liter susu dihargai 25 s.d 30 ribu Rupiah, namun pembeli dapat menikmati dalam kemasan ekonomis botol berukuran 250 mililiter . Pembeli juga dapat memesan, ingin susu yang masih murni dari perasan atau sudah olahan, dengan rasa coklat dan strawberry.

Gimana #sobatkom tertarik untuk beternak kambing perah sekaligus mencicipi susunya???

(diskominfo/pb.ryz/dok.wan/tos)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here