Jaga Kepercayaan penduduk Terhadap Jajanan Sehat, Disperindag Magetan Periksa Jualan PKL – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
78

Jaga Kepercayaan penduduk Terhadap Jajanan Sehat, Disperindag Magetan Periksa Jualan PKL

Dinas Perindustrian dan Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan melakukan pemeriksaan terhadap jajanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabuapten Magetan Sucipto mengatakan, kegiatan pemeriksaan dengan mengambil sample makanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima ini dilakukan untuk melakukan pemeriksaan terhadap bahan bahan berbahaya yang terkandung didalam makanan yang dijajakan pedagang.

“ Kegiatan ini untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap kualitas dan kesehatan jajanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Kami mengambil sample makanan dari pedagang untuk kami lakukan pemeriksaan laboratorium, kami betul betul mau menjamin kepercayaan penduduk bahwa makanan yang mereka beli betul betul tidak mengandung bahan yang berbahaya,” ujarnya di sela sela kegiatan pemeriksaan.

Sucipto menambahkan, di Bulan Ramadhan animo masyarakat cukup tinggi untuk membeli takjil berbuka puasa. Pasca pandemic covid 19 melandai, peran pedagang kaki lima untuk menumbuhkan ekonomi cukup tinggi, sehingga untuk menjaga kepercayaan masyarakat pemerintah daerah turun ke lapangan. “ Hasil dari pemeriksaan laboratorium akan diketahui 3 hari kedepan, harapan kita pedagang menjaga kepercayaan masyarakat mengingat PKL ini menjadi pengerak perekonomian pasca covid 19. Bagi pedagang yang kedapatan menggunakan bahan berbahaya kita akan lakukan edukasi dan kita akan memberi surat peringatan,” imbuhnya.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap dagangan PKL di alun alun Magetan petugas dri Disperindag dan  Dinkes juga melakukan pemeriksaan terhadap pedagang makanan untuk takjil di Pasar Ngariboyo. ‘ Selain di alun-alun kami juga kana melakuakn oemeriksaan pedagang kaki lima di Ngariboyo, disana juga banyak sekali,” ucapnya.

Sementara Syahrul salah satu pedagang minuman susu beraneka rasa mengaku mendukung kegiatan Dinas Perindustrian dan Dinas Kesehatan terhadap pemeriksaan makanan yang dijual pedagang kaki lima. Menurutnya pemerintah daerah harus menjaga kepercayaan penduduk terhadap kesehatan makanan yang dijual oleh PKL. “ Setuju kalau ada pemeriksaan jualan PKL, agar masyarakat paham bahwa jualan PKL sehat dan murah. Ini juga untuk menjaga kepercayaan penduduk bahwa jualan PKL merupakan makanan yang sehat tidak mengandung bahan bahan yang berbahaya,” katanya.(Diskominfo / kontrib.Skc / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here