Gurihnya Mie Ayam Jerembak Khas Desa Pacalan – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
27

KOMINFO.MAGETAN.GO.ID – Mie ayam pada umumnya dicampur dengan sayur sawi atau besai. Namun tidak demikian dengan mie ayam di Desa Pacalan, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan. Warga di desa tersebut mengganti sayur sawi pada mie ayam dengan sayur jerembak atau selada air yang tumbuh subur dan menjadi tanaman andalan warga. Sayur jerembak atau selasa air mungkin masih asing bagi kita yang biasa hidup di kota.

Mie ayam jerembak yang merupakan kreasi dari ibu ibu PKK Desa Pacalan bisa menjadi referensi kuliner jika anda berkunjung ke Magetan. Jerembak diklaim memiliki kandungan anti oksidan lebih tinggi dari sayuran lain. Selain itu, rasa atau teksture jerembak juga lebih kenyal, lebih enak dan lebih gurih dibandingkan dengan teksture sayuran sawi. ” Secara resep sama seperti mie ayam umumnya, namun yang membedakan warna mie hijau itu mengambil warna dari sari jerembak dan sayur sawi diganti dengan jerembak,” ujar Yuliati Ketua PKK Desa Pacalan, Minggu (28/11/2021).

Yuliati menambahkan, untuk mendapatkan mie ayan jerembak khas Desa Pacalan sementara ini hanya bisa melalui pemesanan kepada ibu ibu PKK desa setempat, karena saat ini belum dijual bebas. “ Untuk pemesanan bisa melalui ibu ibu PKK disini, karena belum kita jual bebas,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Magetan Suprawoto yang singah usai dari kegiatan penanaman pohon di Lereng Gunung Lawu bersama pejabat Pemprov Jawa Timur tampak menikmati lezatnya mie ayam jerembak khas Desa Pacalan. Menurutnya mie ayam jerembak bisa menjadi ikon kuliner Desa Pacalan. ” Enak, enak. Ini bisa menjadi ikon kuliner bari desa yang selama ini menjadi penghasil sayuran jerembak. Perlu dikembangkan dan bisa dijual sebagai alternatif kuliner bila wisatawan berkunjung ke Magetan,” terangnya.

Menurut Bupati Suprawoto sayur jerembak lebih kaya akan kandungan anti oksidan dan sangat baik untuk kesehatan serta pemenuhan kebutuhan akan konsumsi sayur. Senada denganBupati Suprawoto, Sekda Magetan Hergunadi juga mengaku, mie ayam jerembak khas Desa Pacalan sangat enak. Jerembak sebagai pengganti sayuran sawi terasa lebih kenyal serta memberikan sensasi berbeda pada mie ayam jerembak.

” Enak, gurih, jerembak lebih kenyal dibanding sawi. Saya cocok dan setuju ini dapat menjadi alternatif kuliner Magetan,” ungkapnya.

Apakah anda tertarik dengan mie ayam jerembak yang dikreasi ibu ibu PKK Desa Pacalan ini? Mampir saja ke Balai Desa Pacalan dengan cara memesan terlebih dahulu, karena tidak setiap hari ada. (diskominfo/kontrib.nto/fa2/IKP1).

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here