Gencarkan Gerakan Menanam Cabai dan Operasi Pasar Murah Sebagai Satu Upaya Penge…

0
16

Gencarkan Gerakan Menanam Cabai dan Operasi Pasar Murah Sebagai Satu Upaya Pengendalian Inflasi Jelang Lebaran

Sahabat Prokopim,
Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti, berbarengan perwakilan Forkopimda dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin oleh Irjen Kemendagri RI Tomsi Tohir,  secara virtual dari ruang jamuan Pendapa Surya Graha, Selasa (04/04/23).
.
Rakor mingguan tersebut membahas tentang upaya pemerintah pusat dan daerah untuk pengendalian inflasi 2023. Khususnya selama Bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.
.
Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini, dalam paparannya menyampaikan perlu diwaspadai terhadap kenaikan harga beberapa komoditas yang mungkin terdampak tingginya permintaan jelang lebaran, seperti tarif angkutan udara, daging sapi, daging ayam ras, bawang merah, telur ayam ras dll.
.
Sementara, bentuk dukungan ketersediaan dan stabilisasi pangan dari Bapanas diantaranya pemantauan penyaluran donasi pangan CBP beras, pemantauan pasokan dan harga pangan, penyelenggaraan gerakan pangan murah, penguatan cadangan pangan pemda, dan dukungan pemda kepada Perum Bulog dalam penyerapan gabah/beras ketika panen raya.
.
Beberapa konklusi upaya yang dilakukan dalam pengendalian inflasi khususnya jelang Lebaran diantaranya pencanangan gerakan menanam, melaksanakan operasi pasar murah, sidak pasar dan distributor agar tidak menahan barang.
.
Wakil Bupati Magetan dalam arahannya menyampaikan, Satgas Pangan bekerja sama dengan TPID untuk selalu mengecek harga dan pasokan ketersediaan bahan pokok di pasar, khususnya jelang hari raya Idul Fitri.

(Prokopim/edh/ahm/KD1).

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here