Dukung Program Pemerintah, Babinsa Dampingi Tim Percepatan Tali Usus Mengatasi Penurunan Stunting di Magetan

0
23

Dukung Program Pemerintah, Babinsa Dampingi Tim Percepatan Tali Usus Mengatasi Penurunan Stunting di Magetan

Magetan – Babinsa Koramil 0804/04 Parang Sertu Hartono  mendampingi Tim Percepatan Penurunan Stunting Desa Mategal melakukan kunjungan dari rumah ke rumah balita yang mengalami stunting, hal tersebut merupakan implementasi Perpres Nomor 72 Tahun 2021 dan Penekanan Bapak KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman tentang percepatan penurunan stunting pada tahun 2024, khususnya di daerah Desa Mategal, Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Selasa (28/08/2023)

Ikut dalam kunjungan tersebut Dokter Puskesmas Parang, Kasi Pelayanan Desa Mategal, Bidan Desa Mategal, Perawat Desa Mategal, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Mategal Serta Kader Posyandu.

Sertu Hartono menjelaskan, dalam upaya percepatan penurunan nomor stunting, salah satu upaya yang dilakukan adalah Sosialisasi Penanganan Stunting dan Pemberian makan tambahan (PMT) berupa Susu, Vitamin dan Biskuit dengan tujuan mempercepat tumbuh kembang anak, sehingga terbentuknya generasi yang cerdas serta sehat dan menjadi harapan Bangsa.

Lebih lanjut dikatakan, Penentuan data stunting sangat diharuskan untuk mencegah terjadi kelalaian dalam menangani gizi jelek pada balita usia awal. “Dengan kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan, banyak orang uzur tidak paham, tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan anak,” jelasnya.

ketika dikonfirmasi Danramil 0804/04 Parang Kapten Inf Deni Erwanto menyampaikan, penurunan nomor stunting memang menjadi salah program yang menjadi perhatian seluruh pihak termasuk  TNI AD melalui Babinsa, tidak hanya membantu pendataan, tetapi juga penyuluhan dan edukasi. “Selain mengecek kesehatan gizi, sinergi petugas juga memberikan edukasi tentang langkah pencegahan stunting dimulai dari pengaturan pola makan dan hidup sehat,” ucapnya.

Kegiatan yang dilakukan TNI khususnya Babinsa Jajaran Kodim 0804/Magetan ini adalah bentuk dukungan terhadap program Pemkab Magetan dalam rangka mempercepat penurunan nomor stunting dan peningkatan gizi pada Balita, sesuai sasaran pemerintah pusat, nomor prevalensi stunting secara nasional harus turun menjadi 14 persen pada 2024.

Lebih lanjut dikatakan, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa dalam melakukan pembinaan teritorial. Program penurunan nomor stunting sudah dicanangkan Bapak KASAD, “Kami selaku satuan komando kewilayahan akan lanjut meningkatkan kepedulian dan dukungan terhadap program-program pemerintah, termasuk mendukung penurunan nomor stunting,” ujarnya. (Diskominfo / kontrib.kodim / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here