DPMPTSP dan Disdukcapil Magetan Berikan Layanan Terbaik Bagi Masyarakat. – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
85

Di tahun 2021 ini Kabupaten Magetan raih prestasi yang membanggakan. DPMPTSP dan Disdukcapil raih predikat SANGAT BAIK dalam kategori pelayanan publik. Dalam talkshow yang dilaksanakan pada Rabu, (10/3/2021) sebagai narasumber yaitu Kepala DPMPTSP dan Kepala Disdukcapil Magetan.

Kepala DPMPTSP Magetan Sunarti Condrowati menyampaikan, bahwa keberadan Mall Pelayanan Publik (MPP) ini dengan berbagai pelayanan publik yang tersedia mulai pengurusan KK, Akta, perpanjang SIM bahkan pasport dapat dikerjakan disini.

Dan kemarin DPMPTSP Magetan mendapatkan nilai A untuk pelayanan publik. Jadi setiap tahun Kemenpan – RB melakukan penilaian yang ada di Kabupaten dan Kota di Indonesia. Untuk tahun 2019 DPMPTSP mendapatkan kategori “BAIK” dan di tahun 2020 mendapatkan predikat “SANGAT BAIK” karena pelayanan yang kami berikan sangat cepat dan memberikan kenyamanan pada pemohon/masyarakat. Yang menjadikan MPP Magetan berbeda dengan Kab/kot lain yaitu MPP Magetan berada di pusat kota yang dapat dengan mudah dijangkau dari beberapa wilayah di Magetan.

MPP berada ditengah-tengah pasar tradisional dan ini memberikan dampak perekonomian bagi penjual disekitar MPP.

Condrowati berharap dari berbagi instansi ikut bergabung seperti instansi vertikal, OPD jadi sangat komplek, sehingga masyarakat dipermudah dengan pelayanan yang ada di MPP tidak perlu antri dan menunggu lama.

Kami sudah lakukan inovasi di MPP seperti melakukan antrian melalui online yang telah terintegrasi lewat aplikasi android/web agar mempermudah masyarakat mendaftar secara online, tetapi offline juga tetap kita layani. Kita menggunakan pelayanan online ini juga untuk melihat instansi yang mendapatkan nilai bagus dan kita rekab nantinya akan diserahkan ke Menpan-RB, tegasnya.

Harapan DPMPTSP , MPP ingin berkembang, saat ini kami sedang melakukan pengembangan agar lebih memberikan pelayanan yang prima. Kami ingin kerja sama instansi, opd dan masyarakat agar pelayanan ini masyarakat agar tercapai.

Kepala Disdukcapil Magetan Drs. Hermawan menyampaikan, sejak tahun 2019  kami punya semboyan “Go Duckcapil Go Digital”, yaitu semua proses menggunakan sistem digitalisasi. Tentunya untuk pelayanan publik seperti akte, kk sudah digital dengan menggunakan barcode agar lebih cepat dan mudah dalam pencetakan demi mempermudah masyarakat. Dan Magetan sudah mempunyai mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)  yang pertama di Indonesia. Dukcapil mempunyai mesin ADM sebanyak 3 buah,1 dari 3 mesin ADM tersebut adalah hibah dari Kemenpan-RB. Untuk antrian di Disdukcapil juga mengaplokasikan lewat online, jadi pemohon tidak lagi antri secara fisik, imbuhnya.

Hermawan menambahkan bahwa Disdukcapil Magetan mendapatkan predikat “Sangat Baik” ini tidak mudah, tetapi kami tetap mengutamakan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kami mengeluarkan kebijakan untuk SDM dan SOP serta memperbaiki, evalusasi agar kinerja pelayanan kami lebih baik. Kita butuh partisipasi untuk memberikan saran masukan agar kinerja kami lebih baik lagi, dan pelayanan yang kami berikan dapat membantu masyarakat.

Kami melayani untuk membahagiakan masyarakat, bahwa di tahun 2020 kami mendapatkan presatsi BPK 2019, pada hari ini pelyanan publik kami mendapatkan predikat “Sangat baik”. Tentu kami belum puas dengan predikat tersebut kami harus terus mendapatkan kebahagiaan masyarakat mendapatkan kepuasan dalam pelayanan publik di Magetan.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here