Dongkrak Produksi Pangan, Koramil 0804/13 Bendo Bantu Petani Terapkan Pola Tanam Padi IP 400 – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
15

Dongkrak Produksi Pangan, Koramil 0804/13 Bendo Bantu Petani Terapkan Pola Tanam Padi IP 400

Penerapan pola tanam padi IP 400 merupakan salah satu langkah meningkatkan produksi sehingga ketersediaan beras dalam negeri benar-benar mampu dipenuhi. IP 400 adalah cara tanam dan panen empat kali dalam satu tahun pada lahan yang sama, dengan tujuan meningkatkan luas tanam dan produksi untuk ketahanan pangan, penghasilan petani meningkat dan sekaligus sebagai solusi penurunan luas tanam akibat alih fungsi lahan sawah.

Untuk mendukung terwujudnya program IP 400 tersebut Koramil 0804/13 Bendo  dibawah pimpinan Kapten Inf Arif Wibowo gandeng Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kec. Bendo dan Poktan Karya Tani III adakan tanam padi bersama di Lahan milik Khoirul Iksan, di Desa Bulak Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan.  Selasa (21/05/2024)

Ditemui di sela-sela kegiatan Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Arif Wibowo menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dan TNI dalam mendukung ketahanan pangan dalam rangka antisipasi krisis pangan nasional serta peningkatan kesejahteraan petani di daerah pedesaan.

“Babinsa dan masyarakat setempat terus berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pertanian dan memastikan ketahanan pangan yang berkelanjutan,”  tuturnya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan penanaman padi IP 400 ini akan dapat meningkatkan produktivitas hasil padi para petani di wilayah Bendo, yang mana juga akan memperkuat ketahanan pangan  dalam menghadapi krisis pangan nasional.

Acara tanam padi bersama IP 400 ditutup dengan Syukuran Sedekah Bumi merupakan wujud rasa Syukur kepada Allah SWT atas karunia-Nya yang telah diberikan kepada kita semua khususnya warga masyarakat Desa Bulak supaya Kedepannya tambah melimpah ruwah hasil panennya.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Kadis THPKP Kab. Magetan Ir. Uswatun Khasanah M.Si, Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Arif Wibowo beserta jajarannya, Koordinator PPL Kec. Bendo Trisni Setyo ningrum,S.Pt,   Kades Bulak Khoirul Ichsan.SE,  Ketua Gapoktan dan Ketua Poktan Karya Tani Desa Bulak beserta anggota Poktan.(Diskominfo / kontrib.kodim / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here