Dinas Lingkungan Hidup Terapkan Jam Membuang Sampah Bagi Warga Magetan Kota – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
76

Salah satu upaya lanjutan Pemerintah Kabupaten Magetan dalam mewujudkan  Magetan bersih adalah dengan menetapkan jam membuang sampah bagi warga Kabupaten Magetan.

.

DLH telah mengeluarkan Surat Edaran   tentang  Jadwal Waktu Pengeluaran Sampah Rumah Tangga, yakni pada pukul  20.00 – 22.00 WIB. Saif Muchlissun, S.Sos,M.M, selaku Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Magetan menghimbau pada warga Magetan untuk tertib  mengeluarkan sampah rumah tangga pada jam tersebut pada jalur yang dilalui pengangkut sampah.

.

“DLH akan bekerja mengangkut sampah ketika warga sedang tidur…sehingga di pagi hari, Magetan sudah bersih dari sampah. Maka jangan membuang sampah sembarangan”, pesan beliau.

.

Kebijakan ini mengacu pada Instruksi Bupati  Magetan Nomor 1 Tahun 2019 Tetang Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa dan Kelurahan, yang merupakan  Tindak lanjut Perda Nomor 6 Tahun 2013 Tentang pengelolaan Sampah, yang didalamnya berisi larangan membuang sampah sembarangan.

.

Setiap malamnya, terdapat 15 Rute kendaraan roda 3 Pengangkut Sampah  yang akan menyapu bersih sampah di  Wilayah perkotaan. Sebanyak 9 wilayah kelurahan di  Kecamatan Magetan wajib mematuhi dan melaksanakan jadwal waktu pengeluaran sampah rumah tangga.

.

Sedangkan 14 TPS  di Kecamatan Magetan yang ditutup per tanggal 1 April 2021 lalu, akan dialihfungsikan untuk proses mengompos dan menyimpan alat-alat kebersihan. hal ini dilakukan sebagai upaya memperpanjang umur TPA yang ada di Kabupaten Magetan. (Diskominfo/Pb.ay/doc.ryz/tos)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here