Dinas Arpus Gelar Pelatihan Membatik Ecoprint Guna Mendukung Program Responsif G…

0
90

Dinas Arpus Gelar Pelatihan Membatik Ecoprint Guna Mendukung Program Responsif Gender

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Magetan menggelar kegiatan Pelatihan Membatik Ecoprint untuk mendukung Program Responsif Gender. Program ini berfokus kepada aspek yang memperhatikan kondisi kesenjangan antara perempuan dan laki-laki terhadap akses, partisipasi, kontrol dan menerima manfaat pembangunan serta mengangkat isu ketertinggalan dari salah satu jenis kelamin.

Kegiatan membatik diadakan di Ruang Baca Terbuka Perpustakaan Kabupaten Magetan dan melibatkan teman-teman difabel Yayasan Wira Daksa Utama Magetan. Peserta terdiri dari 9 peserta laki laki dan 6 peserta perempuan. Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Pemilik Batik Ecoprint Wiliwang Magetan.

Pelatihan Membatik Ecoprint ini merupakan implementasi dari transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang saat ini terus bergerak pada Dinas Arpus Kabupaten Magetan. Dimana, perpustakaan bukan hanya sebagai gudang buku, tempat menyimpan buku atau membaca buku, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran masyarakat. Sehingga, masyarakat bisa melakukan aktifitas kegiatan yang sesuai dengan kearifan lokal yang ada. Transformasi perpustakaan juga bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat edukasi sepanjang hayat.

Dalam pelatihan ini para peserta sangat antusias mengikuti. Harapan dari pelatihan tersebut dapat membukakan mimpi mereka untuk dapat jadi menjadi pengusaha batik juga.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here