Demi Kembangkan Potensi Daerah, Pemkab Magetan Terima KKN Dari UNS – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
10

Demi Kembangkan Potensi Daerah, Pemkab Magetan Terima KKN Dari UNS

Melihat kondisi geografis, budaya, dan karakteristik masyarakat yang sangat menarik, Kabupaten Magetan sering dipilih oleh Perguruan Tinggi baik Negeri dan Swasta sebagai lokasi Pelaksanaan program kegiatan pengabdian masyarakat melalui kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) – tematik salah satu diantaranya adalah Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Melihat potensi diatas selama 45 hari kedepan sejumlah Mahasiswa dari berbagai jurusan akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di sejumlah Kecamatan di Magetan. Untuk Itu Pj Bupati Magetan Ir. Hergunadi, Asisten Pemerintahan, Staf Ahli, Camat, Lurah dan OPD terkait bertempat di Pendapa Surya Graha (16/1) menerima secara resmi mahasiswa mahasiswi dari UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta.

Dijelaskan Dosen Pembimbing KKN, Dr. Yayan Suherlan, S.Sn., M.Sn, mengatakan “pelaksanaan KKN Tematik MBKM UNS Surakarta dimaksudkan sebagai wahana mahasiswa belajar bersama masyarakat untuk mengaplikasikan keilmuan akademis, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam praktek lapangan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat serta berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan.”

“KKN akan dilaksanakan di 3 (tiga) kecamatan yaitu Kec. Panekan, Kec. Sidorejo, Kec. Plaosan yang dilaksanakan selama 45 hari, dengan 88 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Kab. Magetan mulai tanggal 16 Januari 2024” jelas Yayan.

Dalam sambutannya Pj Bupati Magetan Ir. Hergunadi. MT menyampaikan, Permasalahan yang ada di Kabupaten Magetan seperti Stunting bisa dijadikan sebagai objek pengembangan desa sasaran KKN-tematik. Masih menurut Hergunadi permasalahan stunting tidak hanya terjadi karena masalah kemiskinan, melainkan bisa jadi karena pola asuh yang salah.

Disamping itu isu lingkungan menjadi perhatian bersama. “Bagusnya, Pemerintah Kabupaten Magetan sudah mempunyai peraturan daerah terkait penanaman pohon,” terang Pj Bupati Magetan.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati berharap selama pelaksanaan KKN mengalami kesulitan silahkan berkoordinasi dengan OPD terkait dan melalui KKN ini diharapkan ada hal positif yang dapat di raih baik oleh mahasiswa maupun Pemerintah Daerah. “Kami berharap adanya mahasiswa UNS di Magetan ini bisa mendorong masyarakat khususnya anak-anak di Magetan untuk berkuliah di UNS,” harapnya.(Diskominfo:wan / fa2 / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here