Cepat Tanggap, BPBD Jemput WNI di Sudan Asal Magetan – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
85

Cepat Tanggap, BPBD Jemput WNI di Sudan Asal Magetan

Guntoro (57) tahun akhirnya dapat bernafas lega. Ia pulang berbarengan WNI lainnya dari Negeri Sudan. “Alhamdulillah saya dapat pulang ke Indonesia, dan sampai kampung halaman dengan selamat,” kata Guntoro, ketika ditemui di rumah istrinya, Desa Patihan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan, pada Rabu (03/05/2023) siang.

Ia tiba di rumah pada Selasa (02/05/2023) sore kemarin. Dijemput oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan. “Kami menjemput dari asrama haji Sukolilo Surabaya, kami antar ke rumahnya di Patihan,” jelas Kasi Darlog BPBD Magetan, Eka Wahyudi.

Lebih lanjut, Guntoro lalu menceritakan, sudah 6 tahun bekerja di Sudan, tepatnya di sebuah tempat percetakan. Semenjak terjadi perang, ia tidak lagi bekerja. Hingga akhirnya ia dievakuasi atau dipulangkan ke Indonesia berbarengan WNI lainnya.

Bapak dua anak ini menceritakan, suasana di Sudan cukup mencekam. “Tiap hari mendengar bunyi tembakan dan bom, meskipun tempat tinggal saya jauh dari letak perang, tapi tetap takut,” kenangnya.

Ia berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia, Pemprov Jatim dan Pemkab Magetan, yang telah memfasilitasi kepulangannya hingga sampai kampung halamannya.

Ditanya rencana selanjutnya,

“Kalau kembali ke Sudan, kayaknya tidak lah mas, tetap trauma, kumpul berbarengan keluarga dulu, sembari berencana mencari pekerjaan lainnya,” pungkasnya.(Diskominfo / kontrib.rmz / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here