Beternak Embug, Petani dari Kecamatan Bendo Ini Hasilkan Pupuk Granul Terbaik Un…

0
8

Beternak Embug, Petani dari Kecamatan Bendo Ini Hasilkan Pupuk Granul Terbaik Untuk Tanaman.

Siapa sangka dari hewan yang dianggap hama bagi pohon kelapa dan tebu ini, ditangan petani di Kecamatan Bendo dapat dihasilkan pupuk organic grano terbaik untuk tanaman. Adalah Sarnianto yang berhasil mengembangkan pupuk organik granul dari larva kumbang tanduk. “ Disini penduduk biasanya menyebut embug. Embug ini larva dari kumbang yang biasanya merupakan hama tanaman kelapa dan tanaman tebu,” ujarnya.

Sarnianto mengaku menemukan pupuk granul organik dari embug berawal ketika dirinya diberhentikan dari pekerjaan di perusahaan insektisida di Jakarta pada tahun 2021 lalu. Pulang kampung kembali kerumah Magetan, membikin dia sering mengamati keberadaan embug ketika mengangkut pupuk kandang untuk dibawa ke sawah. “ Disitu saya memandang kotoran sapi itu bagus dengan bentuknya seperti pupuk granul kalau ada embugnya. Kotoran sapi atau kambing itu selalu bagus degan kondisi kering dan bentuknya granul,” imbuhnya.

Selama lebih dari 6 bulan Sarnianto berbarengan dengan rekannya Bimo Kuntoro kemudian mencari informasi terkait wangwung atau kumbang tanduk di youtube. Dari youtube itulah mereka kemudian mencoba menangkap indukan kumbang untuk dikembangbiakkan. “ Kita belajar dari youtube bagaimana membikin bio dari tetes tebu dan air kelapa serta limbah buah buahan yang telah busuk dari pasar. Dari percobaan yang kita lakukan kita akhirnya berhasil membikin indukan dari telur yang berhasil kita pancing,” tuturnya.

Wangwung atau kumbangtanduk menurut Sarnianto indukannya akan wafat seminggu setelah bertelur. Seminggu kemudian telur yang diletakkan di dalam kotoran sapi maupun kambung akan menetas dan akan menjadi larva. “ Usia larva ini sampai 11 bulan. Dia butuh makanan dari kotoran sapi atau kambing. Disini kita akhirnya mencoba memberikan sayur sayuran limbah rumah tangga dan hijauan dari daun ubi, pepaya atau daun kelor untuk meningkatkan kandungan NPK dari granul hasil embug,” jelasnya.(lanjut pada kolom komentar)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here