Bersama PKK Magetan Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
7

Bersama PPK Magetan Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Magetan, Jawa Timur gelar peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 sekaligus silaturohmi Idul Fitri 1445. Bertempat di Pendopo Surya Graha dengan tema bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju. Selasa, (23/4/2024).

Acara  yang dihadiri sedikitnya 250 terdiri dari Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Magetan dan perwakilan Dinas terkait.

Siti Fatonah Ketua Tim Penggerak TP PKK Kabupaten Magetan dalam sambutannya mengatakan visi TP PKK adalah  untuk mewujudkan keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia dan budi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin.

Dalam hal ini, kepada seluruh Penggurus Tim Pengerak PKK Istri Pj Bupati Magetan ini berpesan seluruh jajaran PKK agar dapat mengembangkan program program di daerah masing masing dalam mendukung berbagai kebijakan Pemerintah melalui 10 program pokok PKK.

Selanjutnya Siti Fatonah berharap melalui seluruh Tim Pengerak PKK dapat menjadi Motor utama dalam menggerakan kader serta bisa menjalin kerjasama dengan stakeholder baik dengan Pemerintah dan lembaga Non Pemerintah Lebih lanjut Istri Pj Bupati Magetan menjelaskan untuk memperkuat pelaksanaan hal tersebut diatas ada 3 hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Pertama memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan kelurga, Kedua Mengoptimalkan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah, sedangkan ketiga Pencapaian PKK dalam pelaksanaan rencana induk gerakan PKK tahun 2021 – 2024. Dengan hal tersebut diharapkan program program PKK yang dijalankan dapat memberikan manfaat dan berkelanjutan bagi masyarakat dan mendukung pembangunan secara keseluruhan.

Selanjutnya Siti Menjelaskan bahwa pengelolaan program gerakan PKK selalu mengacu pada rencana Rencana Induk gerakan PKK agar setiap program yang dijalankan dapat lebih Implementatif, Berdayaguna serta Berhasil Guna.

Beberapa Capaian pelaksanaan program kegiatan dalam rencana induk gerakan PKK sampai dengan tahun 2024 yang berkorelasi dengan  program pemerintah Pusat dan daerah diantaranya, Berperan aktif dalam berbagai kegaiatn dan turut mnangani stunting, melaksanakan kegiatan sosial seperti pemberian bantuan langsung kepada masyarakat, melakukan gelar produk unggulan daerah yang merupakan hasil karya para kader PKK sebagai bentuk pelaksanaan gerakan kelaurga dalam pemenuhan kebutuhan pangan, Terlaksananya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan tentang tatalaksana rumah tangga dalam harmonisasi kehidupan keluarga serta terlaksananya program unggulan gerakan keluarga sehat tanggap dan angguh bencana untuk kesehatan.

Siti mengingatkan bahwa tahun 2024 merupakan tahun terakhir bahwa tahun 2024 merupakan tahun terakhir pelaksanaan rencana induk gerakan PKK tahun 2021 – 2024 dan rencana strategis gerakan PKK.

“Besar harapan saya agar kia dapat menjawab tantangan dan mewujdukan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK unuk mencapai visi gerakan PKK tahun 2021 2024 yaitu terwujudnya keluarga sehat cerdas berdaya beriman dan bertaqwa menuju Indonesia Maju 2024,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan berbagai hadiah perlombaan dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK diantaranya

Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK  Kepada TPP Desa Poncol, Kec Poncol, Pelaksana Terbaik Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana Kategori Posyandu – Bangga Kencana Kepada Tim PKK Desa Poncol, Kec Poncol, Kategori PHBS -LBS TP PKK Desa Bogem Kawedanan, Lomba Kelompok PKK desa /Kelurahan Kelompok PKK Dawis Tulip 3 Desa Bangunsari, Barat dan Penyuluhan kader PKK Terbaik 1 Ny Amanda, Desa Bangunsari, Barat dan sejumlah Hadiah lainnya.(Diskominfo / IKP1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here