Batik dan Produk Olahan Mawar Antar Bedagung Jadi Juara 1 Kampung KB se-Jawa Timur 2023 – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
95

Batik dan Produk Olahan Mawar Antar Bedagung Jadi Juara 1 Kampung KB se-Jawa Timur 2023

Desa Bedagung, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan meraih juara 1 Kampung Keluarga Berkualitas (KB) se Jawa Timur tahun 2023, yang diselenggarakan BKKBN Perwakilan Provinsi Jatim.

Pencapaian ini membanggakan karena Kampung KB Mawar Bedagung mengungguli perwakilan dari Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Kediri.

Dari kriteria penilaian Kampung KB, seperti penggerakan masyarakat, pengelolaan administrasi, penemuan, dan upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, Desa Bedagung meraih nilai 4.800 poin.

Selain penilaian tersebut di atas, di Kampung KB Mawar Bedagung juga optimal dalam melaksanakan delapan fungsi keluarga. Yang mencakup religi, budaya, asmara kasih perlindungan, produksi, sosial, dan ekonomi lingkungan.

Kepala Desa Bedagung, Barno didampingi sekretaris desanya, mengaku bersyukur dengan terpilihnya Kampung KB Mawar Bedagung sebagai juara 1 di Jawa Timur.

“Alhamdulillah, perjuangan kami membuahkan hasil. Terima kasih pada seluruh pihak, terutama Pak Bupati (Bupati Magetan, Suprawoto) serta jajaran Dinas PPKBPP & PA atas motivasi, support dan bimbingannya,” ujar Barno.

Menurut Kepala DPPKBPP & PA Pemkab Magetan, Furiana Kartini, didampingi Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Advokasi dan Pendayagunaan SDM (PPAPS), Nicka Priyamitasari, ada poin plus yang dimiliki Bedagung. Sehingga, dapat juara 1 se-Jawa Timur.

Seperti, batik khas Bedagung serta pemanfaatan kembang mawar menjadi pembersih paras dan handsanitazer.

“Yang primer adalah peningkatan dari berbagai aspek dan perubahan sebelum terbentuknya Kampung KB dan sesudah adanya Kampung KB di Bedagung ini,” terang Nicka.(Diskominfo / kontrib.rif / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here