Bantu Cegah Stunting, Mahasiswa KKN-T UNESA 24 Magetan Luncurkan Buku Saku Cegah Stunting di Desa Sombo, Magetan

0
74

Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dalam program Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) 24 mendukung penuh upaya desa bebas stunting khususnya di Desa Sombo, Kec. Poncol, Kab. Magetan.

Salah satu upaya membantu pencegahan stunting ini adalah dengan menerbitkan buku saku yang berjudul “Ayo Parenting, Kita Cegah Stunting”. Buku saku ini berisikan penjelasan ringkas mengenai stunting, pola asuh yang baik untuk cegah stunting, pemenuhan gizi bagi anak juga ibu hamil, serta beberapa contoh menu sehat MPASI.

Buku saku ini disosialisasikan pada acara intervensi stunting kemudian dibagikan kepada kader-kader Posyandu dan orangtua yang menghadiri acara tersebut. Acara ini berlangsung pada hari Kamis, tanggal 22 Juni 2023 di Balai Desa Sombo, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

“Ini merupakan salah satu cara kami untuk membantu Desa Sombo dalam mengurangi dan mencegah stunting bahkan dimulai pada saat ibu mengandung dengan memberikan buku saku yang berisi materi ringkas dan mudah dipahami oleh para orangtua. Kami juga menekankan bahwasanya tidak cukup hanya memberikan makanan sehat bagi anak, namun juga perlu memperhatikan pola asuh yang diterapkan” disampaikan oleh penanggungjawab program kerja, Refina Rian Putri Wijoyo.

Selain pemberian buku saku, mahasiswa KKN – T UNESA 24 Magetan juga memberikan sepaket PMT atau makanan tambahan khusus untuk para balita yang datang. Makanan ini berisikan menu sehat dan bergizi yang sudah mencakup karbohidrat, protein nabati, serat, juga vitamin.

“Selain buku saku, kami juga akan memberikan sepaket makanan sehat yang berisi nasi, nugget sayur, dan juga potongan buah pepaya. Nugget sayur ini sengaja kami buat sendiri untuk memastikan bahan yang digunakan segar, dan tidak menggunakan penyedap maupun pengawet apapun.

“Ibu – ibu bisa mencontoh menu ini untuk variasi makan anak dirumah” disampaikan oleh penanggungjawab program kerja, Refina Rian Putri Wijoyo.

Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi sekaligus menyadarkan para orangtua mengenai pentingnya menjaga pola dan menu makan anak. Orang tua wajib memberikan dan memperhatikan nutrisi serta gizi yang akan dikonsumsi anak, untuk mencegah anak terkena suatu penyakit. Tumbuh dan kembang anak bergantung dari bagaimana cara orang tua mengasuh, sehingga para orang tua perlu memiliki pengetahuan yang baik mengenai parenting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here