Aplikasi Srikandi Mulai Beroperasi – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Magetan

0
80

Aplikasi Srikandi Mulai Beroperasi

Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan bergerak Terintegrasi atau SRIKANDI merupakan aplikasi yang diluncurkan Pemerintah sebagai aplikasi biasa bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Aplikasi tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo).

Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Magetan pada Senin (17/4) melaunching aplikasi Srikandi sebagai penguatan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang berlokasi di gedung graha literasi Kecamatan Plaosan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Suhardi menjelaskan, aplikasi srikandi ini untuk menjaga pengelolaan arsip dalam rangka mewujudkan good goverment untuk menjadikan keamaman dan pengelolaan arsip yang ada dilingkup Kabupaten Magetan. Penerapan aplikasi Srikandi untuk aparatur daerah secara elektronik digunakan untuk surat dinas, nota dinas, undangan serta surat perintah tugas yang kemudian akan dikembgkan lagi ke naskah dinas yang lain. Sasaran penerapan srikandi dilaksankan secara bertahap dari tingkat pemkab,kecamatan puskesmas dan tingkat desa.

Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan, aplikasi ini harus dilaksanakn dengan bagus, “Nanti dengan adanya Srikandi ini akan memudahkan untuk mencari surat-suart dan arsip lainnya, yang krusial arsip ini tersimpan sampai dunia ini kiamat,” jelas Bupati. Dengan sistem ini akan memudahkan siapa saja dan menghemat masa dalan mencari arsip. “Dan semoga sistem ini akan terintegrasi nasional ke seluruh Indonesia,” jelas Bupati Suprawoto. Dengan adanya aplikasi ini diterapkan, dapat mengurangi penggunaan kertas di OPD. Saya berterima kasih aplikasi ini sudah mulai diterapkan disini (Magetan). “Mari kita gunakan aplikasi ini sebaik-baiknya agar Kabupaten Magetan semakin bagus, dan SPBE yang kita citakan menjadi terlaksana,” tutup Bupati Suprawoto.

Diakhir acara Bupati Magetan melaunching dan mencoba aplikasi srikandi yang akan mengirim arsip ke seluruh OPD di Magetan.

Acara launching tersebut diikuti oleh Bupati beserta Wakil Bupati Magetan, Sekretaris Daerah Magetan, Asisten dan Staf ahli beserta seluruh Kepala Dinas dan Kepala Bagian.(Diskominfo:wan / fa2 / IKP1)

Sumber berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here