5 langkah Alami Mengatasi Batuk Tidak Berdahak yang Mengganggu Keseharianmu

0
64

Batuk tidak berdahak memang dapat mengganggu keseharianmu. Selain membikin tenggorokan terasa gatal dan tidak nyaman, batuk juga dapat membikin anda kesulitan untuk berbicara, bekerja, atau bahkan tidur. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah alami mengatasi batuk agar tidak mengganggu keseharianmu. Berikut adalah beberapa langkah alami yang dapat anda lakukan.

1. Minum air putih yang cukup
langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memastikan tubuhmu terhidrasi dengan bagus. Walaupun batuk tidak berdahak, tetap krusial untuk meminum air putih secara cukup agar tubuhmu tetap terhidrasi dan membantu melawan batuk. Air putih juga membantu mengencerkan lendir di tenggorokan sehingga memudahkan untuk keluar ketika batuk.

2. Madu
Madu adalah salah satu bahan alami yang mempunyai sifat antiseptik dan antibakteri. langkah menghilangkan batuk dengan bahan ini adalah dengan mencampurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok teh air lemon untuk membantu mengurangi luka di tenggorokan dan meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh batuk.

3. Jahe
Jahe mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan. anda dapat menambahkan irisan jahe segar ke dalam air panas atau teh sebagai langkah alami mengatasi batuk tidak berdahak. Jahe juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

4. Eucalyptus
Minyak esensial eucalyptus mempunyai sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang juga dapat membantu meredakan batuk. anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak esensial eucalyptus ke dalam air panas lalu menghirup uapnya. Selain itu, ada juga balsam yang terbuat dari eucalyptus yang dapat anda gunakan.

5. Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin yang dikenal mempunyai sifat anti-inflamasi dan antiseptik. langkah menghilangkan batuk dengan bahan ini adalah dengan mengiris akar kunyit segar lalu mencampurnya dengan susu hangat atau air panas. Bahan ini dapat membantu meredakan batuk dan memberikan dampak menenangkan pada tubuhmu.

Itulah beberapa langkah alami mengatasi batuk tidak berdahak. tetapi, jangan lupa bahwa walaupun terlihat sederhana, tetap krusial untuk berkonsultasi dengan dokter kalau batuk tidak berdahakmu terasa parah atau berlangsung dalam masa yang lamban. Sehatkan badan untuk memaksimalkan aktivitasmu setiap hari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here