Ziarah Makam Leluhur “GBRAy. MADURETNO” Giripurno Gunung Bancak . Sahabat Humas,…

0
24

Ziarah Makam Leluhur “GBRAy. MADURETNO” Giripurno Gunung Bancak
.
Sahabat Humas,
Ziarah ke makam leluhur merupakan awal kegiatan dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-346 Kabupaten Magetan yang bertujuan untuk mempertahankan tradisi dan kita akan selalu ingat, mengenang jasa – jasa perjuangan para leluhur dan mendoakan para pendiri Kabupaten Magetan. Tim 3 dipimpin oleh Ketua DPRD Magetan, H. Sujatno, S.E., M.M. didampingi oleh Wakil Ketua DPRD dr. Pangajoman, M.M dan Nur Wahid, S.H serta Sekretaris Dewan Winarto, S.Sn., M.M. dan Kepala Dinas terkait melaksanakan ziarah ke makam GBRAy Maduretno bertempat di Gunung Bancak, Giripurno, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, Senin (04/10/2021).
.
GBRAy Maduretno merupakan putri Sultan Hamengkubuwono II yang kemudian menjadi istri R. Ronggo Prawirodirjo III. Meskipun Putri Sultan, namun Gusti Putri Maduretno memilih mengikuti suami di kadipaten dari pada tinggal di keraton, yang pada waktu itu banyak dipengaruhi oleh Belanda. Tekadnya semakin kuat bersama suaminya melawan penjajah Belanda.
.
Ketika wafat, sebagaimana keturunan Kraton lain, Gusti Putri Maduretno dimakamkan di tempat yang tinggi yaitu Gunung Bancak Giripurno.
Sedangkan suaminya yaitu Raden Ronggo Prawirodirjo III, atas perintah Sultan Hamengkubuwono IX dan saran Kyai Raden Ngabei Kabul Umar Kepala Desa Perdikan Taman Madiun, pada tahun 1958 jenazah beliau dipindahkan ke makam Ngrancang Kencono Giripurno berdampingan dengan Istrinya Gusti Putri Maduretno.
.
Dalam sambutannya Ketua DPRD Magetan berharap Makam Maduretno ini menjadi salah satu situs atau destinasi tempat wisata religi sehingga masyarakat lebih mengetahui dan mengenal dari keberadaan Makam Maduretno beserta yang lain. Jalan menuju makam sudah ada perbaikan dari DPUPR saya berharap itu menjadi prioritas sehingga akses jalan dari bawah sampai atas menjadi bagus sehingga harapan kita semua untuk menjadi situs wisata religi segera tercapai. Selanjutnya diserahkan tali asih kepada juru kunci makam serta bantuan sembako secara simbolis kepada warga sekitar oleh Ketua DPRD Magetan.
.
(Prokopim/nl/dok.be/KD1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here