Verifikasi Lapangan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2021. Anugerah…

0
83

Verifikasi Lapangan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2021.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan sebuah bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Bupati Magetan bersama Sekretaris Daerah, Asisten II, Seluruh Kepala OPD Kab.Magetan, Direktur keuangan PDAM Magetan, Direktur BPRS Perseroda, LSM LIRA dan Ayssiah Cab. Magetan. Deputi Kesetaraan Gender Agustina Erni dalam kesempatan kali ini membuka acarata tersebut secara virtual. Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Jamuan Pendapa Surya Graha Magetan. Kamis (18/03).

Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kemenpppa Ir. Agustina Erni, M.Sc menyampaikan penghargaan sejak tahun 2004 yang disebut Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yakni suatu penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dan menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam pencapaian kesetaraan gender didaerah.

Ir. Agustina Erni, M.Sc juga mengapresiasi tinggi untuk Kab. Magetan yang telah melengkapi data dan informasi pelaksanaan PUG beserta capaian sesuai batas waktu yang ditentukan.

Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan bahwa produk hukum pengarus keutamaan gender terkandung dalam PerBup no. 56 tahun 2020 tentang pemberdayaan perempuan melalui pengarusutamaan gender di Magetan.

Bupati juga menambahkan bahwa pengertian PUG adalah strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan untuk mencapai suatu keadilan.

Adapun tujuan PUG di Kab. Magetan guna memastikan seluruh kebijakan dan kegiatan telah setara dan adil bagi laki-laki, perempuan, anak, penyandang disabilitas, lansia dan kelompok rentan lainnya. Untuk memastikan keberlanjutan, pelestarian dan pengembangan pengarusutamaan gender dalam pembangunan berkelanjutan maka perlu memastikan terpenuhinya 7 variabel/komponen PUG yaitu komitmen, kebijakan, kelembagaan, peranserta masyarakat, SDM, data terpilah dan analisis gender.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here