Upacara Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia – DINAS LINGKUNGAN HIDUP KAB. MAGETAN

0
79

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni. Pada tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup dan Pangan Kabupaten Magetan menyelenggarakan upacara peringatan dengan tema “Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience.” Tema ini sejalan dengan fokus global pada pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pangan Kabupaten Magetan menyampaikan pentingnya pemulihan lahan sebagai kunci untuk mengatasi degradasi lahan dan krisis lingkungan yang mencakup perubahan iklim, kerusakan alam, dan polusi. Dengan slogan “Our Land, Our Future, Generation Restoration,” upaya ini tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki kondisi lingkungan tetapi juga untuk meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan memperkuat ketahanan terhadap perubahan iklim melalui peningkatan penyimpanan karbon.

Dalam konteks lokal, Kepala Dinas menyoroti peningkatan ambisi Kabupaten Magetan dalam pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK). Kabupaten Magetan telah menyusun rencana strategis untuk mengurangi emisi dengan melibatkan berbagai sektor seperti pertanian, industri, dan energi. Beberapa kebijakan yang diterapkan meliputi penggunaan teknologi ramah lingkungan, pengelolaan limbah yang lebih efektif, dan peningkatan efisiensi energi di berbagai sektor. Upaya ini sejalan dengan target nasional yang tercantum dalam Enhanced Nationally Determined Contributions (ENDC), yang bertujuan untuk mengurangi emisi GRK secara signifikan.

Pemerintah Kabupaten Magetan juga mendukung implementasi Perpres 98/2021 mengenai Nilai Ekonomi Karbon (NEK). Dengan NEK, Kabupaten Magetan mengatur aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim melalui mekanisme seperti perdagangan karbon, pembayaran berbasis kinerja, dan pungutan atas karbon. Upaya ini bertujuan untuk mendukung pencapaian NDC, mengendalikan kebakaran hutan, mencegah deforestasi, dan mendorong penggunaan energi terbarukan. Kepala Dinas menutup upacara dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Magetan yang telah berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. Beliau mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan secara berkelanjutan demi masa depan yang lebih baik.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here