Unesa Buka ”Cabang” di Magetan

0
36

JawaPos.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka program studi di luar kampus utama (PSDKU) di Kabupaten Magetan. Perluasan kampus ke kabupaten di bagian barat Jawa Timur itu bertujuan menambah akses pemerataan dan kualitas pendidikan. Sekaligus menjamin kualitas PSDKU dan kampus utama di Surabaya setara.

Peresmian PSDKU Unesa berlangsung di Pendapa Surya Graha, Magetan, kemarin (4/8). Turut hadir Bupati Magetan Suprawoto, Ketua DPRD Magetan Sujanto, PGRI, dan jajaran pimpinan Unesa.

Rektor Unesa Nurhasan menyatakan, pendirian PSDKU merupakan keinginan Unesa untuk berperan lebih. Menurut dia, perguruan tinggi selalu diharapkan berkontribusi mendidik anak bangsa di kampus dan mendukung pembangunan. ”Kalau berpikir pragmatis, Unesa sudah mapan sebagai PTN. Namun, pertanyaannya kemudian, apa kontribusi Unesa untuk Jawa Timur?” ujarnya.

Bupati Magetan Suprawoto mengapresiasi Unesa yang memilih wilayahnya untuk pendirian PSDKU. Dia menilai PSDKU Unesa Magetan ini akan mendorong pemerataan kualitas pendidikan di Jawa Timur bagian barat. ”Sebagian besar kampus besar selama ini berada di bagian timur Provinsi Jatim. Keberadaan PSDKU bisa menjadi upaya memeratakan dan meningkatkan kualitas pendidikan, terutama di daerah Mataraman,” jelasnya.

Baca juga: Implementasi Kampus Merdeka, Unesa Dukung Mahasiswa Belajar ke LN

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa Bambang Yulianto menjelaskan, PSDKU menyediakan dua program studi sarjana. Yakni, ilmu keolahragaan dan pendidikan matematika. Selain itu, terdapat program kerja sama untuk program sarjana pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), magister pendidikan olahraga, dan magister pendidikan dasar. Pendaftaran dibuka secara online sejak 2 Agustus sampai 12 Agustus 2021.



Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here