Umat Budha di Magetan Rayakan Hari Waisak 2565 Secara Virtual

0
83

Suarakumandang.com BERITA MAGETAN. Sebagian Umat Budha di Dusun Wonomulyo Desa Genitlangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan Jawa Timur. Menggelar upacara Waisak 2565 Budis Era (2021) di vihara desa setempat. Meski pelaksanaannya di masa pandemi COVID-19 mereka tetap mematuhi protokol kesehatan dan jamaah dibatasi. Rabu (26/05/2021).

Winarto selaku Pandita Muda mengatakan meskipun dibatasi dalam ucapara secara virtual akan tetapi tidak mengurangi kehikmatan umat Budha dalam merayakan Waisak tahun 2021.

“Sesuai anjuran Pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 upacara dibatasi hanya 100 orang dari kapasitas 200 jamaah,” ujar Winarto.

Dijelaskan pula, sebelum masa pandemi tempat vihara di Magetan ini menjadi pusat perayaan Waisak.

Lebih lanjut, dengan upacara secara virtual beberapa agenda kegiatan hiburan yang biasanya digelar di vihara juga ditiadakan karena masih masa pandemi COVID-19.

“Perayaan Waisak di tahun ini berbeda dengan 2 tahun yang lalu, sebelumnya kita bisa merayakan dengan hiburan dan kegiatan lain-lain. Sedangkan di tahun 2021 pada masa pandemi COVID-19 ini kita merayakan upacara secara virtual dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, perayaan Waisak ada beberapa desa di Magetan secara virtual diantaranya Desa Poncol, Desa Plangkrongan dan di Desa Sidomulyo.

Jurnalis: TT.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here