Tingkatkan Pengunjung Wisata, Disparbud Magetan Lakukan ini

0
38
Joko Trihono Kepala DInas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Magetan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Untuk meningkatkan pengunjung wisatawan di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur supaya nyaman dan aman berbagai cara dilakukan dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud)  kabupaten Magetan. 

Joko Trihono kepala Disparbud kabupaten Magetan mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pengupayaan yang bertujuan  untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di kabupaten Magetan.

Salah satu dari upaya adalah melakukan koordinasi dan pembinaan terhadap pelaku jasa usaha pariwisata. “Disini kita akan memberikan pembinaan terhadap mereka untuk meningkatkan kualitas dan inovasi dalam pelayanan pariwisataan, salah satunya murah senyum dan iklhas,”jelas Joko.

Joko menjelaskan, dari sekian upaya yang dilakukan Disparbud Magetan, pihaknya juga bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam upaya menciptakan iklim pariwisata di kabupaten Magetan lebih baik.

Joko mencontohkan bersinergi dengan OPD lain yaitu pihak Disparbud bekerjsama dengan Dinas perhubungan Magetan dalam upaya pemasangan rambu-rambu lalu lintas  maupun tanda-tanda lalu lintas lainnya. Yang bertujuan memberikan petunjuk arah untuk menuju tempat disejumlah wisata di Magetan.

Sementara itu, pihaknya juga melakukan pembinaan kepada pelaku usaha pariwisata dalam menghadapi pengunjung.

“Yang jelas khususnya bagi  pelaku usaha pariwisata di sejumlah wisata di kabupaten Magetan harus memiliki sifat ramah tamah dan murah senyum, intinya tinggalkan kesan positif bagi pengunjung wisata, ketika mereka memiliki kesan positif maka  mereka akan kembali berkunjung di wisata Magetan,”tandasnya.

Murah senyum dan ramah tamah tidak hanya dilakukan  masyarakat Magetan, akan tetapi juga bisa dilakukan masyarakat diluar kawasan wisata.

Dengan demikian sifat murah senyum dan ramah tamah akan tercerminkan bahwa masyarakat Magetan memilik sifat yang baik. “Dari situlah nantinya pengunjung akan merasa nyaman dan aman ketika kita memberikan kepada hal yang positif,”urainya.

Tak hanya sampai disitu saja.  Dalam hal ini Disparbud juga mensupport pengembangan desa wisata yang selama ini sebagian sudah berjalan. “Caranya kita akan melakukan kerjasama dengan pihak terkait guna menyelenggarakan event,”paparnya.

Menurutnya, dengan menyelenggarakan event selain mempromosikan tempat wisata tersebut, juga dapat menggerakan perekonomian masyarakat sekitar.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here