Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, 44 Ribu Benih Ikan Ditebar

0
14
Petugas dari DIsnakan Magetan saat tebar benih ikan di Embung pendem Ngariboyo Magetan.

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Dinas Perternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan, Jawa Timur tebar benih ikan di 5 lokasi yakni Bendungan Gonggang, Telaga Wahyu, Embung Pendem, Clelek dan Embung Bale Asri. Masing-masing lokasi ditebar sebanyak 44.000 ekor terdiri dari  Ikan Tombro 27.000 ekor dan ikan tawes 17.000 ekor.

“Tujuan dari pemerintah sendiri untuk menebar benih ikan yakni menambah keanekaragaman dan kelestarian sumberdaya perikanan di perairan umum daratan,” ujar Nurharyani  kepala Disnakan Kabupaten Magetan, Senin, (23/11/2021).

Dijelaskan pula, dalam penebaran benih ikan secara tidak langsung akan memberikan dampak ekonomi untuk masyarakat sekitar, tanpa mengurangi fungsi utama, perairan umum sebagai sumber irigasi untuk pertanian.

“Setelah kita tebar sementara waktu kita tutup sampai  ikan besar, namun hal ini tanpa mengurangi fungsi embung sendiri,”jelas Nur.

Namun dalam waktu tertentu,  jika ikan sudah layak dikomsumsi semua tergantung pada kebijakan desa masing-masing. “Bisa dibuka untuk pemancingan yang dikelola oleh desa atau  karangtaruna,  bisa juga ikan dipanen sebagai  kuliner ikan di sekitar embung,” terang Nur.

Akan tetapi jika  saat panen ikan pihak pemerintah tidak memperbolehkan masyarakat menggunakan jaring, hanya diperbolehkan dengan alat pancing.

 Sementara itu, penebaran benih ikan dilakukan selama dua hari hingga Selasa, (23/11/20210). Dengan menelan anggaran per lokasi Rp 5.400.000  dengan rincian Ikan Tombro 27.000 ekor dan ikan tawes 17.000 ekor.

Junalis:Cahyo Nugroho.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here