Tekan Angka Kematian Covid-19 dengan Memaksimalkan Percepatan Vaksinasi Untuk La…

0
23

Tekan Angka Kematian Covid-19 dengan Memaksimalkan Percepatan Vaksinasi Untuk Lansia
.
Sahabat Humas,
Mengingat Kabupaten Magetan masih berada di level 4 dengan indikator angka kematian Covid-19 yang masih tinggi, digelar rapat terbatas yang diikuti oleh Camat, para Dokter puskesmas, dan Kepala OPD terkait di Kabupaten Magetan untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi, bertempat di Ruang Rapat Ki Mageti, Selasa (07/09).
.
Sesuai arahan Sekda Hergunadi, para Camat memerintahkan perangkat desanya untuk percepatan vaksinasi, berpedoman pada data di tingkat RT/RW masing-masing. Setiap vaksin yang akan digunakan berpedoman pada data yang sudah diberikan, diurut dari usia yang paling tinggi.
” Vaksin hanya untuk kekebalan pribadi, sehingga tidak menutup kemungkinan menularkan pada lansia. Yang divaksin lebih kebal daripada yang belum divaksin” terangnya. Dihimbau pula untuk menginformasikan kembali data-data by name by address yang akan divaksin. Diprioritaskan untuk usia 50 tahun keatas, dan diharapkan kecamatan berkoordinasi dengan puskesmas setempat.
.
Bupati Suprawoto juga menghimbau agar para tenaga medis untuk menyegerakan pelaksanaan vaksinasi baik di puskesmas maupun di desa. ” Harapan saya vaksinasi bisa setiap hari, untuk menekan angka kematian dan angka konfirmasi Covid-19. Ini tantangan bagi kita, pak Camat, bu dokter tolong dikoordinasikan dengan puskesmas/Kecamatan setempat.” tegas Bupati Suprawoto.
Jika diperlukan agar mengerahkan ASN untuk membantu pendataan, sementara nakes agar fokus pada teknis vaksinasi dengan memanfaatkan potensi yang ada.
” Kita harus bergerak cepat, harus ada kesepakatan antara puskesmas dan kecamatan. Kita bekerja untuk sebuah upaya melindungi masyarakat dan mempercepat vaksinasi sehingga bisa menurunkan level. Utamakan untuk lansia karena sangat beresiko” lanjut beliau.
.
Sementara menurut Plt Kadinkes Magetan dr Rohmat Hidayat, assesment situasi Covid-19 level 4 di Magetan berdasarkan pada indikator level transmisi komunitas dan level kapasitas respon.
(Prokopim/edh.dok/KD1)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here