Taman Wisata Genilangit, Terus Berkembang Siapa sangka Desa Genilangit yang ter…

0
45

Taman Wisata Genilangit, Terus Berkembang

Siapa sangka Desa Genilangit yang terletak di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan ini menjadi salah satu Destinasi Wisata di Magetan? Namun beberapa tahun silam, melalui ide kreatif pemuda-pemuda Genilangit yang tergabung dalam Karang Taruna “Giri Putra Bhakti”, hutan diubahnya menjadi lokasi wisata yang menarik.

Di latar belakangi maraknya “Selfi”, dijalinlah kontrak kerjasama dengan perhutani KPH Lawu untuk mengambangkan spot foto yang sedang digemari di wilayah hutan Genilangit. Melihat minat pengunjung yang antusias, pengembangan terus dilakukan. Pengembangan dilakukan dengan swadaya penduduk desa setempat dengan menggunakan asas kekeluargaan. Beberapa modal diperoleh dari warga sekitar dengan sistem bagi hasil. Dengan eranya sosial media kala itu, promosi wisata terbantu melalui media tersebut. Sehingga obyek wisata yang kemudian diberi nama Taman Wisata Genilangit semakin dikenal dan banyak dikunjungi.

Saat ini, taman wisata Genilangit mampu berkembang dengan pengelolaan yang baik. Berdasarkan keterangan Pardi, Kepala Desa Genilangit yang ditemui di lokasi wisata (11/6), taman wisata ini mampu memberikan lahan pekerjaan kepada 50 orang warga di Genilangit.

Banyak fasilitas yang dapat dinikmati di taman wisata Genilangit selain spot foto. “Sekarang ada kuda, peternakan sapi, ATV dan Kantin semakin banyak”, jelas Pardi menunjukkan perkembangan taman wisata genilangit. Saat ini Desa Genilangit melalui BUMDes juga menyiapkan Pusat kuliner, souvenir serta hasil UMKM disekitar area wisata.

Desa Genilangit juga memiliki obyek wisata pendukung di dusun wonomulyo, seperti Highland Wonomulyo, Air Terjun Tirtosari, serta Bukit Pendakian Pendawa, Mongkrang dan Jobolarangan.

Saat ini Desa Wisata Genilangit menjadi salah satu dari tujuh Finalis Desa Wisata Berbasis Alam pada Desa Wisata Awards yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama BCA. Rencananya akan ada kunjungan penilaian pada tanggal 16- 31 Juni 2021, serta akan dilakukan penjurian online pada tanggal 6 -7 Juli 2021, Dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 9 Juli 2021. (lanjut Pada Komentar)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here