Sudah Turun Level, Magetan Akan Vaksinasi Masal

0
62
Cahaya Wijaya Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Magetan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Setelah didatangi Kapolda Jawa Timur  Iren Pol Nico Afinta dan Gubenur Jawa Timur di Pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan beberapa hari lalu tepatnya Rabu dan Kamis (08-09/09/2021). Keesokan harinya, Jumat (10/09/2021) Kabupaten Magetan mengalami penurunan level PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) masuk level 3.

Cahaya Wijaya Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Magetan menjelaskan bahwa hasil penurunan di level 3 dengan penilaian angka kematian pasien COVID-19. “Dilihat dari angka kematian sudah berbeda dan ada keteria khusus untuk penilaiannya,” ujar Cahaya.

Sesuai data kasus COVID-19 di Kabupaten Magetan per tanggal 09 September 2021. Terkonfimasi 10.290, dalam pemantauan pasien masih terkonfirmasi COVID-19 167, sembuh 9.169 dan meninggal 954.

Dijelaskan pula untuk penurunan level di Kabupaten Magetan juga hasil dari upaya pihak Pemerintah mengejar percepatan vaksinasi yang akan dilaksanakan tanggal 12 September 2021 di 22 puskesmas mendatang. “Ini masih menyiapkan apa saja yang diperlukan, karena 22 titik puskesmas itu nanti dilaksanakan secara serentak, kami juga menyiapkan jaringanya agar nanti pelaksanaan vaksin langsung masuk dan  terkoneksi dengan internet dan datanya langsung diprint saat itu juga,” kata Cahaya.

Lebih lanjut, hasil evaluasi bahwa pergerakan aktivitas masyarakat di Kabupaten Magetan masih aktif. Sehingga ada beberapa titik jalan ditutup untuk mengurangi aktivitas lalu lintas itu termasuk padat jadi ada beberapa titik yang disekat beberapa hari ini oleh pihak Polres Magetan,” jelasnya

Dengan tujuan agar angka penyebaran COVID-19 di Kabupaten Magetan menurun sehingga dapat turun ke level 2. Dengan ditarget 2 minggu kedepan Kabupaten Magetan dapat untuk penurunan level. “Jawa Timur sudah dinyatakan bebas dari PPKM level 4 sekarang sudah turun level 3,” tuturnya.

Dijelaskan pula, bahwa kenapa angka kematian di Kabupaten Magetan tinggi karena prosentase lansianya lebih banyak. “Sementara di angka kematian di Kabupaten Magetan itu 60 tahun keatas yang tinggi, kalau kondisi secara normal Magetan itu adalah tempat yang mempunyai angka harapan hidup tinggi sehingga lansia lebih banyak di Magetan,”pungkasnya.

Jurnalis: Anita Tata.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here