Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal, Bupati Magetan: Bagi Perokok Belilah Rokok Legal

0
35
Talk show gempur roko ilegal di Sukomoro Magetan . Sabtu (19/11/2022).

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur  menganjurkan bagi perokok membelilah rokok legal dan jangan membeli rokok illegal. Demikianlah yang diutarakan Bupati Magetan Suprawoto saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi gempur rokok illegal di lapangan Desa/Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sabtu, (19/11/2022) lalu.

Selain itu, Bupati Magetan Suprawoto yang akrab disapa Kang Woto mengungkapkan bahwa negara yang sehat jika semua kegiatan ditopang dari pajak.

Seperti salah satu upaya pemerintah kabupaten Magetan dalam gelaran sosialisasi telah memberikan kesadaran  kepada masyarakat akan pentingnya cukai rokok bagi pembangunan.

Suprawoto mencontokan dari hasil Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau  (DBHCT)  pada tahun 2022 akhirnya Magetan dapat membangun dua rumah sakit yakni rumah sakit Lembeyan dan rumah sakit Panekan.

Kedua rumah sakit tersebut merupakan pengembangan dari puskesmas.”Maka dari itu saya himbau bagi perokok belilah rokok legal dan jangan yang illegal,”ungkapnya.

Masih kata Suprawoto, bahwa tujuan dari sosialisasi tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada warga cirri-ciri rokok illegal maupun legal dan pemahaman sanksi jika diketahui mengedarkan rokok illegal.

Sesuai keterangan dari salah satu petugas bea cukai Madiun yang saat itu menjadi narsumber diacara talkshow sosialisasi gempur rokok ilegal, menjelaskan bahwa sanksi hukum yang diberikan kepada pelaku penjual rokok ilegal akan dikenai pasal 54 Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai yakni menawarkan atau menjual rokok polos atau rokok tanpa cukai terancam pidana penjara 1 hingga 5 tahun atau pindana denda 10 sampai 20 kali nilai cukai yang harus dibayarkan.

Sosialisasi rokok illegal yang di gelar di wilayah kecamatan Sukomoro merupakan sosialisasi yang ke 13 sebelumnya dilakukan di Kecamatan Lembeyan.

Dari sosialisasi ini diharapkan minimal dapat mengurangi penggunaan rokok illegal yang dapat merugikan negara. Sebab, diketahui bahwa pajak rokok juga merupakan pajak terbesar nomor dua yang banyak membantu perkembangan negara dan kesejahteraan masyarakat.

Bahkan untuk lebih memberikan pemahaman masyarakat yang menyaksikan acara sosialisasi gempur rokok illegal acara tersebut dikemas acara dalam bentuk  talkshow. 

Diacara Talkshow masyarakat diberi kesempatan untuk bertanya keterkaitan sosialisasi rokok illegal. Bagi masyarakat yang bertanya akan diberikan sebuah kenang-kenangan dari pihak petugas Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) Kabupaten Magetan.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here