SMP Negeri 4 Magetan, Menuju Adiwiyata Mandiri Sekolah Menengah Pertama yang b…

0
16

SMP Negeri 4 Magetan, Menuju Adiwiyata Mandiri

Sekolah Menengah Pertama yang berlokasi di Bangunsari, Sukowinangun ini  berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Magetan yang lolos dalam program Adiwiyata Mandiri 2021. Sebelumnya, SMP Negeri 4 Magetan (Spatma) telah berhasil mewujudkan program Adiwiyata tingkat Kabupaten pada 2013, dan terus menoreh prestasi sampai program Adiwiyata tingkat Nasional pada 2016.
.
Program Adiwiyata merupakan program strategis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan Nasional yang dirancang untuk mendorong dan membentuk sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup, yaitu melalui Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS). Seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 52 Tahun 2019.
.
Pelaksanaan GPBLHS yang telah dilakukan oleh Spatma seperti kegiatan Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurasaki)—nol sampah plastik di lingkungan sekolah sejak tahun 2019. Dimana, warga sekolah tidak lagi membawa pembungkus bahkan botol plastik sekali pakai di sekolah. “Setiap siswa membawa botol minum dan tempat makan sendiri. Kami persiapkan galon air mineral untuk minum. Kantin sekolah juga hanya kami siapkan piring dan mangkuk tanpa plastik.”, jelas Iriani Sih Winarti selaku guru koordinator Program Adiwiyata Spatma.
.
Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Magetan, Agus Sunadi menambahkan keberhasilan dalam Program Adiwiyata ini berkat kerjasama semua pihak termasuk para wali siswa. “Kami bersyukur, dari paguyupan wali pun siap membantu untuk mensukseskan Program Adiwiyata di lingkup SMP Negeri 4 Magetan ini.” akhir Agus.
.
Selain prestasi di sektor lingkungan hidup, SMP Negeri 4 Magetan juga mendapatkan berbagai prestasi lainnya. Misalnya, di tahun 2021 ini, SMP Negeri 4 Magetan telah mendapat 10 penghargaan dari tiga ajang baik dari kompetisi formal maupun nonformal.

(Diskominfo/pub&dok:fik/fa2)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here