Singolangu Sedekah Susu Segar Warga Isoman di Ponorogo

0
40
Dining Ika Novitasri relawan Satgas COVID-19 Desa Pomahan saat memberikan susu segar kepada warga yang menjalani Isoman.

Suarakumandang.com,BERITA PONOROGO. Rasa kepedulian dan empati Kampung Susu Lawu (KSL) dan Mojosemi Forest Park melakukan sedekah kepada 18 warga desa Pomahan, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo yang menjalani isolasi mandiri (Isoman).

Susu segar yang dibawa langsung dari perternak sapi perah di  Dusun Singolangu, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur begitu tiba di Desa Pomahan langsung di distribusikan kepada masyarakat Isoman.

Untuk pembagian susu segar kepada 18 warga isoman dibantu oleh relawan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 desa Pomahan.

“ Secara pribadi dan atas nama masyarakat desa Pomahan saya mengucapkan terimakasih atas keperdulian dari pihak Kampung Susu Lawu dan pihak Mojosemi Forest Park yang telah memberikan bantuan susu segar,”ujar Dining Ika Novitasri relawan Satgas Desa Pomahan.

Lebih lanjut, semoga bantuan susu segar ini dapat membantu  warga isoman sembuh dari COVID-19. “Saya akui memang susu ini sangat penting buat mereka yang menjalani isoman karena dengan minum susu ini bisa untuk menambah imun mereka,”kata Dining, Jumat, (13/08/2021).

Dari sekian warga yang menjalani isoman mengaku sangat senang setelah mendapat bantuan susu segar.

 “Terima kasih mbak atas perhatiannya dan keperduliannya kepada kami dengan memberikan susu segar. Saya berharap dengan mengkomsumsi susu segar dapat menambah ketahanan tubuh semakin kuat,”kata Muji Asih warga Dusun Krajan, Desa Pomahan yang sedang menjalani isoman.

Sementara itu, ditempat dan waktu yang berbeda Sri Wahyuni ketua Omah Susu Lawu menjelaskan bahwa sedekah susu segar kepada warga isoman awalnya rasa empati dan kepedulian.

Dia menjelaskan bahwa selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) peternak sapi perah di dusun Singolangu kelurahan Sarangan tidak berdampak justru permintaan semakin meningkat .

“Sejak PPKM awal warga Dusun Singolangu yang mayoritas peternak sapi perah tidak mengalami dampak. Maka dari itu, kami berinisiatif bagi-bagi susu segar karena sebagai rasa empati kami dari kampung susu kepada warga yang menjalani isoman,”jelas Sri Rabu, (11/08/2021). 

Untuk pembagian susu segar yang diberikan kepada warga isoman pihak kampung susu Lawu ikut relawan yang selama ini membagikan.

“Kita kerjasama dengan teman-teman relawan, kita mengikuti data yang didapat oleh relawan, mana yang dikasih tentunya teman-teman relawan yang tahu,”kata Sri.

Lanjutnya,  selama ini teman-teman dari relawan setelah memberikan susu segar mereka menyetorkan foto saat penerimaan susu segar.

“Terkait pemberian susu segar semua tidak sama tergantung jumlah keluarga dalam satu rumah , bisa satu rumah 1 liter bahkan bisa  2 liter,”terangnya.

Untuk sedakah susu segar sesuai rencana kampung susu Lawu akan membagikan 450 liter. Dan saat ini baru berjalan 2 minggu. ”450 liter susu segar itu dari peternak sapi perah,”ucapnya.

Sementara itu, untuk kelanjutan sedekah susu segar pihak kampung susu Lawu akan melihat perkembangan PPKM. ”JIka PPKM masih terus Insya Alloh kita akan berbagi,”pungkasnya.

Sebagai informasi bahwa selama ini Kampung Susu Lawu telah bekerjasama dengan dua perusahaan besar yakni Netsle dan Indolakto. Sehingga perbulan peternak  sapi perah mengharuskan  untuk mengirim ribuan liter susu segar ke dua perusahaan tersebut dan sudah berjalan kurang lebih 4 tahun ini.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here