Selamat Hari Krida Pertanian Petani Jaya.. Hari Krida Pertanian diperingati set…

0
12

Selamat Hari Krida Pertanian
Petani Jaya..

Hari Krida Pertanian diperingati setiap tanggal 21 Juni, umumnya diperingati oleh masyarakat pertanian mulai dari para petani, pegawai, peternak dan pengusaha yang umumnya bergerak di sektor pertanian.

Penetapan tanggal 21 Juni sebagai Hari Krida Pertanian didasari oleh pertimbangan yang ditinjau dari segi astronomis. Pada tanggal tersebut matahari sebagai sumber kehidupan bagi tumbuhan, hewan dan manusia berada pada garis balik utara (23,50 lintang utara). Pada saat itu terjadi pergantian iklim yang seirama dengan adanya perubahan dalam usaha kegiatan pertanian.

Hari Krida Pertanian jika ditarik sejarah lebih lama lagi muncul pada akhir abad ke-IX dengan diperkenalkannya Pranata Mangsa, yaitu cara pembagian musim dalam 12 musim. Musim-musim tersebut meliputi hujan, angin, serangga, penyakit, dan sebagainya di mana tanggal 21 Juni merupakan saat permulaan musim pertama yang merupakan awal dari siklus 12 musim tersebut. Dengan demikian bulan Juni ditetapkan sebagai bulan yang penting bagi masyarakat pertanian. Pada bulan Juni sampai Juli, banyak kegiatan panen yang dilakukan oleh para petani seperti panen kopi, lada, cengkeh dan masih banyak lagi. Petani juga pada ikut menghitung neraca atas hasil yang didapatkan dalam bertani di bulan-bulan tersebut.

Hari Krida Pertanian sejatinya merupakan hari bersyukur hari berbangga hati dan sekaligus hari mawas diri serta hari dharma bhakti. Artinya, masyarakat pertanian juga ikut melakukan evaluasi kerja dan memperbaiki dalam hal bertani. Selain itu, dengan diperingati Hari Krida Pertanian, masyarakat juga harus bersyukur atas kebutuhan pangan yang selalu terpenuhi selama setahun penuh dan bangga terhadap hasil yang diperoleh berapa pun hasilnya.

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here