Sahabat Humas, Kopi merupakan jenis tanaman keras yang keberadaannya sudah lama…

0
12

Sahabat Humas,
Kopi merupakan jenis tanaman keras yang keberadaannya sudah lama sejak jaman Hindia Belanda. Sebagai jenis tanaman keras kopi memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, untuk memenuhi pasar luar negeri dan dalam negeri.
Di sisi lain, permintaan kopi terus meningkat hal itu dikarenakan banyaknya pabrik yang mengolah kopi dalam bentuk atau varian yang beragam dan itu sebagai pemenuhan selara penikmat kopi di dalam negeri ataupun luar negeri.
Seperti yang saat ini sedang berlangsung musim panen kopi yang dikemas dalam acara Ngopi Bareng dan Petik Kopi Bersama, bertempat di gubuk Kampung Kopi Gunung
Tambal Kelurahan Alastuwo Kecamatan Poncol pada Sabtu 26 Juni 2021.

Panen raya petani Kampung Kopi Gunung Tambal ini berjenis robusta dengan luas lahan tanam kurang lebih 5.5 hektar.
” Penanaman kopi jenis robusta sebagai salah satu upaya meningkatkan pendapatan para petani Kampung Kopi Gunung Tambal ” ujar Sukmono Ketua Kelompok Tani Gunung Tambal sekaligus Ketua Manggala Tani.
.
Bupati Suprawoto menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh para petani Kampung Kopi Gunung Tambal yang bertani cerdas dengan menanam kopi yang memiliki nilai ekonomi tinggi harga jualnya yang otomatis meningkatkan pendapatan.
.
Lebih lanjut ditegaskan Bupati Suprawoto berharap agar para petani Kampung Kopi Gunung Tambal meski saat ini pandemi tetap beraktifitas dan berkarya.

Di sesi acara dialog, anggota kelompok tani kopi mengusulkan agar pemerintah memfasilitasi penerangan jalan menuju ladang kopi, ketersediaan air, alat pengolahan kopi dan penanaman pohon kelapa. Atas usulan tersebut bupati Magetan akan segera mengkomunikasikan dengan kepala PLN Magetan untuk dapat mensurvei lokasi. Untuk ketersediaan alat pengolahan kopi dan bantuan bibit pohon kelapa, Bupati segera memperintahkan Kepala Dinas terkait untuk menindaklanjuti, Bupati juga menyarakan jika pemilihan bibit kelapa untuk memilih jenis pohon yang bagus kualitasnya seperti jenis kelapa Kopyor.
Bupati Suprawoto hadir didampingi Kepala Dinas (TPHPKP, Parbud), Kabag Prokopim, Camat Poncol serta Lurah Alastuwo.
(Prokopim/gtm/KD1).

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here