Rumah Promosi Sentra IKM Magetan Belum Bisa Dikunjungi Lebaran Tahun Ini

0
20

Magetan (beritajatim.com) – Bangunan Rumah Promosi Industri Kecil Menengah (IKM) di Jalan Diponegoro, Kelurahan Selosari, Kecamatan/ Kabupaten Magetan, belum difungsikan.

Meski sudah selesai sejak Desember 2021, gedung yang rencananya digunakan untuk mempromosikan produk IKM Magetan itu belum difungsikan sampai pertengahan April 2022.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Magetan berdalih kalau saat ini masih dalam proses untuk appraisal. Pasalnya, perlu ada angka yang diperhitungkan untuk mematok tarif sehingga nantinya bisa dikelola pihak ketiga.

Bangunan Rumah Promosi Industri Kecil Menengah (IKM) di Jalan Diponegoro, Kelurahan Selosari, Kecamatan/ Kabupaten Magetan

Bekas gedung balai kelurahan Selosari itu kini memiliki dua lantai dengan bagian pendapa tengah masih dipertahankan desain aslinya. Pantauan beritajatim.com, sejumlah ruangan di rumah promosi masih terkunci rapat. Belum ada aktivitas sama sekali di gedung senilai Rp 1,9 miliar itu.

”Saat ini masih proses appraisal. Karena rencananya akan kami sewakan pada pihak ketiga. Besarannya kan ditentukan setelah appraisal selesai, sembari menunggu itu kami belum bisa menggunakan gedung tersebut,” kata Sucipto, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Magetan, Senin (18/4/2022)

Menurutnya, pihak dinas sendiri tak akan bisa menggunakannya. Pasalnya, pihaknya tak banyak memiliki pegawai. Toh, dengan skema disewakan pada pihak ketiga maka akan lebih maksimal.

Untuk diketahui, RUmah Promosi Industri Kecil Menengah (IKM) Kulit dibangun pada 2021 lalu. Saat itu tender dimenangkan CV Asia Line asal Pamekasan dengan nilai harga terkoreksi yakni Rp 1,89 miliar. Perusahaan tersebut memenangkan.

Rumah promosi itu dibangun di Jalan Diponegoro Nomor 6 Selosari atau utara jalan Sawo (Gedung Pelita Sari). Bekas Gedung balai kelurahan Selosari Magetan itu diminta oleh Pemkab untuk membangun rumah promosi yang letaknya dekat dengan Jalan Sawo, salah satu sentra IKM Kulit di Magetan.

Rumah promosi di desain dengan konsep terbuka dengan tetap mempertahankan bangunan joglo yang sudah ada saat ini, hanya ditambah bangunan baru yang selaras dengan konsep joglo (Mataraman), juga dilengkapi fasilitas yang modern.

Alasan dipilihnya gedung Pelita Sari itu adalah karena lokasinya yang cukup dekat dengan jalan Sawo. Sehingga, tak perlu jauh – jauh jika wisatawan ingin membeli oleh – oleh. Di Gedung IKM pun juga sudah banyak yang bisa ditemukan. Khususnya untuk oleh – oleh Magetan, baik produk kulit dan juga jajanan khas Magetan. Rumah promosi diklaim memiliki lokasi cukup strategis karena ada di pertigaan Diponegoro dan Jalan Salak Magetan. (fiq/ted)



Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here