Putri Wahyu, Remaja Desa yang Diterima University of British Columbia

0
13

Ponorogo (beritajatim.com) – Tuntutlah Ilmu Walau ke Negeri China. Peribahasa itu mungkin yang membulatkan tekad dari Putri Wahyu Kusumaningtyas, siswi kelas XII MAN 2 Ponorogo untuk mantap melanjutkan study S1 ke keluar negeri. Dia, tahun ini diterima di University of British Columbia (UBC) di negara Kanada.

Putri panggilan akrabnya, mengungkapkan dirinya diterima di UBC, setelah berhasil mendapatkan beasiswa lewat program Beasiswa Indonesia Maju (BIM) yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Keberhasilan Putri untuk mendapatkan kesempatan berkuliah di kampus dari Justin Trudeau (Perdana Menteri Kanada saat ini) tidak secara instan. Dia sudah berjuang saat mengeyam pendidikan di MAN 2 Ponorogo. Bagaimana tidak, tidak semua siswa mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju tersebut. Beasiswa itu diberikan kepada peserta didik yang berprestasi diajang olimpiade atau lomba tingkat nasional.

Kebetulan, saat di MAN 2 Ponorogo itu, dara cantik asal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan itu mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN). Mulai dari OSN tingkat Kabupaten, OSN tingkat Provinsi hingga OSN tingkat Nasional. Meski di tingkat OSN Nasional, Putri hanya finalis. Namun, itu sudah menjadi modal untuk mengikuti seleksi penerimaan BIM dari Kemendikbudristek.

“Awalnya ikut OSN dulu, tingkat kabupaten, terus provinsi ke nasional. Di tingkat nasional itu hanya menjadi finalis, namun meskipun begitu dapat undangan untuk seleksi program Beasiswa Indonesia Maju,” kata Putri saat ditemui beritajatim.com di MAN 2 Ponorogo, Sabtu (14/5/2022).

Setahu Putri, yang mendapatkan undangan seleksi itu ada 1.400 siswa-siswi di seluruh Indonesia. Setelah melakukan serangkaian seleksi, di tahap wawancara itu tinggal 300 orang. Terus hingga kini, yang sudah masuk di grup resmi ada 137 anak. Putri yang saat ini masih berumur 17 tahun itu mengaku, menjalani seleksi BIM tanpa beban dan hanya menjalani alurnya saja.

“Dapat undangan beasiswa itu ya nothing to lose, jalanin alurnya saja,” katanya.

Putri saat melihat pengumuman diterima di University of British Columbia (UBC) di negara Kanada (foto/Endra Dwiono)

Tak disangka remaja yang berkeinginan menjadi fashion designer itu malah mendapatkan beasiswa tersebut. Ada dua kampus yang menjadi pilihan Putri untuk berkuliah nantinya. Selain UBC, juga ada National University Taiwan. Namun, Putri akhirnya melabuhkan hatinya ke UBC yang berada di benua Amerika sana.

“Dulu juga sempat milih National University Taiwan, cuma saya hanya apply di UBC saja. Ya selain keterimanya lebih besar, ini juga rekomendasi dari bapak/ibu guru pembimbing di MAN 2 Ponorogo,” katanya.

Kini hari-harinya di Indonesia dibuat Putri untuk lebih mengasah kemampuan percakapan bahasa Inggrisnya. Meski Ia juga sudah lulus dari tes IELTS. Rencananya bulan Agustus nanti, dirinya sudah terbang ke negeri Kananda.

“Sekarang sedang mempersiapkan student permitted atau visa. Ini juga melancarkan bahasa Inggris lewat youtube,” katanya.

Kebanggaan luarbiasa dirasakan oleh keluarga besar MAN 2 Ponorogo, alumninya bakal bisa berkuliah di luar negeri. Kepala MAN 2 Ponorogo, Nasta’in menceritakan Putri, selain pintar, Dia adalah siswi yang tekun. Karir dari sisi akademiknya dimulai dari mengikuti OSN Kabupaten hingga tingkat Nasional. Dari karis prestasi akademiknya itulah, ia bisa diberi kesempatan untuk menuntut ilmu di luar negeri.

“Dia itu anak yang cerdas dan telaten. Alhamdulillah, dua kombinasi itulah yang membawanya berkesempatan kuliah ke luar negeri,” kata Nasta’in.

Selama ini, madrasah sangat mendukung siswanya untuk berproses dan mengaktualisasikan diri dengan mengikutsertakan berbagai perlombaan. Nah, Putri itulah yang memanfaatkan kesempatan itu.

“Keluarga besar MAN 2 Ponorogo terus mendukung keberhasilan Dia. Karena keberhasilan Dia di luar negeri nanti, juga membawa nama baik Indonesia, madrasah dan Kemenag,” pungkasnya. [end/but]



Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here