Potensi Ekonomi Hijau dan Digital di ASEAN Presiden RI, Joko Widodo sampaikan b…

0
16

Potensi Ekonomi Hijau dan Digital di ASEAN

Presiden RI, Joko Widodo sampaikan beberapa poin penting saat menghadiri KTT ke-22 ASEAN-Republik Korea secara virtual dari Istana Kepresidenan, Selasa (26/10). Salah satunya adanya potensi yang sangat besar di sektor ekonomi hijau dan ekonomi digital.

Dikutip dari presidenri.go.id, Joko Widodo menyatakan bahwa potensi yang dimanfaatkan secara maksimal melalui kemitraan ASEAN-Republik Korea akan mensejahterakan rakyat dan dunia. “Saya berpandangan kemitraan ini harus fokus pada ekonomi masa depan yaitu digital dan sustainable green economy. Potensi sektor ekonomi digital dan ekonomi hijau sangat besar,” ujar Presiden.

Diperkirakan, potensi ekonomi digital ASEAN mencapai USD200 Milliar di tahun 2025, dan ekonomi hijau mencapai USD1 milliar pada tahun 2030.

Presiden Jokowi berharap dengan adanya kemitraan ASEAN-Republik Korea akan memperkuat kerja sama di sejumlah bidang. Mulai dari infrastruktur dan industri hijau, energi bersih dan terbarukan serta digitalisasi di UMKM dan layanan kesehatan. “Kerja sama ini akan menunjukkan bahwa aksi dekarbonisasi dapat berjalan bersama dengan pembangunan ekonomi. Paradigma win-win bukan zero-sum,” pungkas Presiden.
(Diskominfo / sumber : presidenri.go.id / pub. fik / dok. presidenri.go.id / fa2)

Sumber Berita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here